Sistem Pendukung Keputusan Gaya Belajar Anak Usia 12 s/d 18 Tahun dengan Program Bantu Media Visual Aural Read Kinesthetik (VARK)

Nur Widianningsih, Riana Defi Mahadji Putri

Abstract


Abstrak— Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangkan media pembelajaran yang mendukung hasil uji VARK dan menganalisis hasil uji coba pengembangan media pembelajaran yang mendukung hasil uji VARK untuk anak usia 12 sampai 18 tahun. Penelitian ini menggunakan metodelogi Research and Develompment untuk pengembangan produk, sedangkan untuk uji coba ddigunakan metode One Shoot Case Study. Instrumen penelitian berupa produk media pembelajaran yang pengujian validitas media dan materi produk tersebut menggunakan angket, dan pengujian instrumen soal menggunakan tes. Validitas materi dilakukan oleh guru mata pelajaran yang ahli dibidangnya, validitas media dilakukan oleh ahli media, dan untuk validitas soalh dilakukan oleh siswa yang telah memahami materi tersebut. Sampel untuk uji coba media pembelajaran adalah anak usia 12-13 tahun sebanyak 36. Hasil penelitian diperoleh 32 media pembelajaran yang terdiri dari 4 gaya belajar dan 8 materi dikatakan layak untuk digunakan. Media pembelajaran sebanyak 32 sampel diterapkan dan diujikan kepada 36 siswa umur 12-13 tahun diperoleh hasil gaya belajar yang 89% mendukung hasil uji VARK dan 11% tidak mendukung hasil uji VARK. Dari penelitian yang dilakukan ditemukan pula gaya belajar lain pada siswa.

Kata kunci— VARK, Questionnaire Younger Version, learning style, learning media


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15294/jte.v6i2.3588

Refbacks

  • There are currently no refbacks.