MINIATUR PALANG PINTU KERETA API OTOMATIS DENGAN MENAMPILKAN KECEPATAN KERETA SERTA WAKTU TUNGGU MENGGUNAKAN ARDUINO

Muhammad Azzam Firdaus(1), Aryo Baskoro Utomo(2),


(1) Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang
(2) Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Abstract

Kecelakaan kereta api merupakan salah satu peristiwa transportasi. Salah satu masalah yang mengemuka adalah persoalan palang pintu perlintasan kereta. Faktor manusia dan teknologi sering menjadi sorotan dalam banyak kasus di perlintasan kereta api. Beberapa penelitian teknologi palang pintu kereta otomatis pernah dilakukan. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan penelitian teknologi palang pintu kereta otomatis. 

Metode Research and Development atau R&D di terapkan dalam penelitian ini. Pengembangan penelitian sebelumnya dilakukan dengan menambahkan sistem pengukur kecepatan kereta dan kontrol manual pada palang pintu otomatis. Perancangan pada pembuatan miniatur ini dimulai dari pembuatan rangkaian catu daya, membuat komunikasi sensor srf-04, servo, alarm dan LCD dengan arduino. Ujicoba miniatur dilakukan dalam dua tahapan yaitu uji fungsional dan uji unjuk kerja miniatur. Uji fungsional meliputi uji sistem secara keseluruhan dan uji sistem pengukur kecepatan. Uji unjuk kerja miniatur meliputi uji rangkaian catu daya, uji sensor srf-04 dan ketelitian sudut pada servo

Hasil dari penelitian ini berupa miniatur palang pintu kereta otomatis  dengan menampilkan kecepatan kereta serta waktu tunggu menggunakan arduino. Berdasarkan hasil uji coba miniatur dapat bekerja dengan baik. Pintu dapat menutup secara otomatis dan sistem dapat mengukur kecepatan kereta, serta pada keadaan darurat palang pintu dapat dioperasikan secara manual. Kecepatan terukur kereta maksimal 250 cm/s. Pergerakan servo dengan program pada miniatur memiliki toleransi 0,450.

Full Text:

PDF

References

Jazi Eko Istiyanto. 2014. Pengantar Elektronika & Instrumenasi. ANDI OFFSET. Yogyakarta

Jenderal Perhubungan Darat. 2005. Peraturan Direktur No. SK.770/KA.401/DRJD/2005. Tentang Pedoman Teknis Perlintasan Sebidang Antara Jalan dengan Jalur Kereta Api, Jakarta: Sekretariat Negara.

Pitowarno, Endra. 2006. Desain Kontrol dan Kecerdasan Buatan. Yogyakarta:Andi.

Sitepu, R. 2008. Prototype Pintu Lintasan Kereta Api Otomatis. Jurnal Widya Teknik. 7: 35-44.

Subali, M. 2008. Palang Pintu Kereta Otomatis Dengan Indikator Suara Sebagai Peringatan Dini Berbasis Mikrokontroler AT89S51. Jurnal Teknologi dan Rekayasa. 13:1-8.

Saputra, H. A. 2008. Rancang Bangun Pengendalian Palang Pintu Kereta Api Berbasis PLC. Tugas Akhir. Universitas Negeri Semarang. Semarang.

Ichwan, M. 2013. Pembangunan Prototype Sistem Pengendalian Peralatan Listrik Pada Platform Android. Jurnal Informatika. 4:13-25.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.