Penerapan Algoritma Floyd-Warshall dalam Menentukan Rute Terpendek pada Pemodelan Jaringan Pariwisata di Kota Semarang

Friska Widya Ningrum, Tatyantoro Andrasto

Abstract


Kota Semarang merupakan kota yang berpotensi untuk dikembangkan menjadi daerah tujuan wisata. Informasi tentang obyek wisata sangat dibutuhkan oleh para wisatawan salah satunya adalah informasi rute wisata terpendek menuju beberapa obyek wisata populer di Kota Semarang, sehingga dapat mengefisiensi waktu, jarak, dan biaya. Tujuan dari penelitian ini adalah menerapkan algoritma Floyd-Warshall dalam mencari jalur terpendek jaringan pariwisata Kota Semarang. Peta Kota Semarang ditransformasikan kedalam bentuk diagram grafik. Algoritma Floyd-Warshall diterapkan dalam perhitungan bobot path dari diagram grafik untuk mencari rute terpendek ke obyek wisata populer di Kota Semarang. Sistem pencarian rute terpendek pariwisata Kota Semarang ini dapat menjadi media promosi pariwisata Kota Semarang dan dapat dimanfaatkan sebagai alternatif rute perjalanan oleh wisatawan.

Full Text:

PDF

References


Manongga, D., Papilaya, S., & Pandie, S.2009. Sistem Informasi Geografis untuk Perjalanan Wisata di Kota Semarang. Jurnal Informatika Vol.10, No.1 , 1-9.

Liwang, R., Santoso, A. J., & Rahayu, F. S.. 2013. Rancang Bangun Aplikasi Menggunakan Floyd Warshaall. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia (pp. 18-21). Yogyakarta : STMIK AMIKOM Yogyakarta.

Siang, Jong Jek. 2002. Matematika Diskrit dan Aplikasinya pada Ilmu Komputer. Yogyakarta : ANDI

Pressman, R. S. 2002. Rekayasa Perangkat Lunak Pendekatan Praktis Buku I. Yogyakarta : ANDI




DOI: https://doi.org/10.15294/jte.v8i1.8791

Refbacks

  • There are currently no refbacks.