Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Kelolosan Beasiswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) menggunakan Metode Fuzzy

Yogiek Indra Kurniawan, Pungki Arina Windiasani

Abstract


Beasiswa merupakan bantuan keuangan yang diberikan kepada perorangan yang bertujuan meringankan beban biaya demi keberlangsungan pendidikan yang ditempuh. Dengan semakin meningkatnya pertumbuhan jumlah siswa maka secara otomatis akan meningkat juga jumlah beasiswa yang diberikan. Maka dari itu diperlukan sebuah sistem pengambilan keputusan yang bisa mempermudah dalam penyeleksian penerima beasiswa. Dalam penelitian ini proses penentuan kelolosan beasiswa untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Indonesia dibutuhkan seleksi untuk nantinya menentukan siapa yang berhak lolos mendapatkan beasiswa. Penelitian ini bertujuan mengimplementasikan metode Fuzzy ke sebuah sistem pengambil keputusan. Metode Fuzzy merupakan logika bernilai banyak/multivalued logic yang mampu mendefinisikan nilai diantara keadaan yang konvensional seperti benar atau salah, ya atau tidak, putih atau hitam. Penalaran logika Fuzzy menyediakan cara untuk memahami kinerja sistem dengan cara menilai input dan output sistem dari hasil pengamatan. Variabel input yang digunakan untuk perhitungan Fuzzy pada sistem ini adalah Nilai Kecerdasan Logis Matematis, Nilai Kecerdasan Spasial Ruang, dan Tingkat Kecocokan, serta variabel output berupa Penentuan. Hasil penelitian ini berupa sistem pendukung keputusan untuk penentuan kelolosan beasiswa berdasarkan kriteria yang diinginkan, serta sistem ini menghasilkan keakuratan data testing dengan presentase 93%.

Full Text:

PDF

References


Grezian, M.S., Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Motif Batik Solo dengan Metode AHP, in Fakultas Komunikasi dan Informatika 2016, Universitas Muhammadiyah Surakarta: Program Studi Informatika.

Hasanah, R., Sistem Pendukung Keputusan untuk Menentukan Penerima Beasiswa dengan Metode Simple Additive Weighting (SAW). STMIK Budi Darma Medan, 2013. 5(3).

Fakeeh, K., Decision Support System (DSS) In Higher Education System. International Journal of Applied Information System (IJAIS), 2015. 9(2).

Thirunavukarasu, U., Anbalagan, and Maheswari, Technical Analysis of Fuzzy Metagraph Based Decision Support System for Capital Market. Journal of Computer Science, 2013. 9(9).

Yudanto, K., et al., Optimalisasi Lampu Lalu Lintas dengan Fuzzy Logic. Universitas Multimedia Nusantara Tangerang, 2013. 5(2).

Mutammiul, Implementasi Logika Fuzzy Dalam Optimasi Jumlah Pengadaan Barang Menggunakan Metode Tsukamoto. Universitas Malikussaleh Lhokseumawe Aceh Utara, 2014. 1(2).




DOI: https://doi.org/10.15294/jte.v9i1.9322

Refbacks

  • There are currently no refbacks.