KAJIAN MANAJEMEN OPTIMALISASI PENERANGAN JALAN UMUM KOTA SEMARANG

Aris Widodo(1),


(1) Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang (UNNES)

Abstract

This research mainly aims at giving input to Semarang Local Goverment in the efficiency of electricity utilization to the street illumination and the management of income tax from the societies, so they can be utilized optimally, directedly, and in integrated way in order to the management of city infrastructures service. This research using the influence of traffic passenger car unit (pcu) for optimalizing in a low density of traffic condition. The data of the Average Daily Traffic (ADT) volume on Pahlawan street was gathered from 6.00 p.m-6.00 a.m in every 15 minutes. The data was analyzed using quartil technique with K1 (25%) and K2 (50 %), then the researcher designed a line chart table of a link between the ADT and the time of the electricity switching on. In the working days, it is obtained that (1) the efficient time of street illumination in K1 (25%) was between 10.30 p.m-3.45 a.m, (2) in K2 (50%) was between 9.45 p.m-4.30 a.m. Due to the security and the beauty of the town and also considering the density of the traffic, the optimalization and the dimming of the electricity are not needed in holidays. The optimalization using ballast dimming (40%) from 250 watt to 150 watt for all lamps, obtained a significant account 32,4 Lx for average illumination. It is still fulfill the minimal requirement of 7 Lx for the average illumination on the collector street type. The optimalization with dimming system obtained an efficiency in K1 (25%) was 23.16% and in K2 (50%) was 25,05%. The result of this research can be used as a consideration as well as an input to Semarang Local Goverment for optimalizing illumination street in Semarang.

Kajian tentang Manajemen Optimalisasi Penerangan Jalan Umum Kota Semarang dengan Studi kasus di jalan Pahlawan Semarang bertujuan untuk memberi masukan kepada Pemerintah Kota Semarang dalam rangka efisiensi penggunaan daya listrik untuk penerangan jalan umum dan pengelolaan  pendapatan pajak dari masyarakat agar dapat digunakan secara terpadu, terarah dan optimal dalam rangka manajemen pelayanan sarana prasaran perkotaan. Kajian ini menggunakan pengaruh dari kepadatan lalu lintas jalan dalam satuan mobil penumpang (smp), guna optimalisasi penerangan jalan umum dalam kondisi kepadatan lalu lintas jalan yang rendah. Data Volume Lalu lintas Harian Rata-rata (LHR) Jalan pahlawan dilakukan dari jam 18.00 sore hari, hingga 06.00 WIB pagi  dengan pencatatan per 15 menit, kemudian dibuat tabel grafik garis hubungan antara LHR dengan waktu penyalaan lampu penerangan jalan umum Kota Semarang, pada hari kerja diperoleh : (1) waktu efisiensi penyalaan lampu pada K1 (25%) antara jam 22.30 sampai dengan 03.45 Wib, (2) waktu efisiensi penyalaan lampu pada K2 (50%) antara jam 21.45 sampai dengan 04.30 Wib. Sedangkan pada hari libur berdasarkan keamanan dan keindahan kota serta volume lalulintas kendaraan yang cukup padat maka tidak ada perlakuan optimalisasi peredupan. Optimalisasi dengan sistem peredupan ballast (40%) dari daya 250 watt menjadi 150 watt pada seluruh titik lampu penerangan, didapat perhitungan kuat penerangan rata-rata sebesar 32,4 Lx,  dan masih memenuhi syarat minimal kuat penerangan rata-rata untuk jenis jalan kolektor sebesar 7 Lx. Sistem optimalisasi dengan peredupan  diperoleh efisiensi pada K1 (25%) sebesar 23,16 % dan  K2 (50%) sebesar 25,05%. Hasil persentase optimalisasi penerangan jalan umum di Jalan Pahlawan dapat menjadikan pertimbangan dan masukan  bagi Pemerintah Kota Semarang guna melakukan optimalisasi penerangan jalan umum di Kota Semarang.

Keywords

optimalizing; passenger car unit (pcu); efficiency; dimming; Optimalisasi; satuan mobil penumpang (smp); efisiensi; peredupan

Full Text:

PDF

References

Christian D., Lestari P., 1991. Teknik Pencahayaan dan Tata Letak Lampu. Artolite-Grasindo.

Darmawan, Bayu, 2004. Optimasi Penataan Lampu PJU Sebagai Upaya Penghematan Biaya Energi Listrik, (TA) Teknik Elektro UNDIP

Direkrotat Jendral Bima Marga, 1997. Manual Kapasitas jalan Indonesia (MKJI), Jakarta: Departemen Pekerjaan Umum

Fischer, D. 1975. Lighting Manual. 2nd Ed. N.V. Netherlands: Gloeilampenfabrikien

Hobbs, F, D, 1995. Perencanaan dan Teknik Lalu Lintas. Yogyakarta: Gajah Mada university Press,

Kodoatie, Robert J, 2003. Manajemen dan Rekayasa Infrastruktur. Yogyakarta: Pustaka Pelajar,

Kusumo, A.S., 2002. Buku Latihan Pemrograman dengan Visual Basic 6. Jakarta: Gramedia

McGuinness, William J., 1981. Mechanical and Electrical Equipment for Buildings. 6th Ed. John Wiley and Sons.

Morlok, Edward, K, 1988. Tansportasi, Surabaya.: Erlangga

Muhaimin, 2001. Teknologi Pencahayaan, Bandung: Refika Aditama

NN. 1983. Desain Kriteria Jaringan Distribusi Jawa Tengah. PLN Distribusi Jawa Tengah

NN. 2003. Efficient Street Lighting Design Guide. Connecticut Light and Power Company. Connecticut, North America.

P. Van Harten. 1991. Instalasi Arus Kuat 1,2,3. Bandung: Bina Cipta.

Sudjana, 1996. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Turan T., 1986. Electrical on Power Distribution System Engineering. New York: Mc Graw Hill Book Company.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.