LATAR BELAKANG PERILAKU BERSEPEDA DI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

Alfa Narendra

Abstract


In late 2009, Conservation Development Team held a working meeting that one of them is related to the concept of campus bike. The result is a program of prioritizing bicycles and pedestrians, as part of Green Transport System Internal Framework. On March 20, 2010 Date of declared conservation campus. In the same year, in 1000 the bike Unnes get grants from the Corporate Social Responsibility 3rd party. From the cordon line survey closed, recorded at least 3,000 motorcycles were on campus at the time sama.Berdasarkan Sekaran other surveys, boundary surveys tiered, has been growing interest in citizen UNNES for cycling and berjalankaki on campus have now UNNES, and on the other , UNNES managers are trying hard to meet the demand ini.Tulisan is trying to focus on the facts obtained from the results of the 2010-2012 survey, and make recommendations based on those facts.

Di akhir tahun 2009, Tim Pengembang Konservasi mengadakan rapat kerja yang salah satunya berkenaan dengan konsep sepeda kampus. Hasilnya adalah program pengutamaan sepeda dan pejalan kaki, sebagai bagian dari Kerangkakerja Sistem Transportasi Hijau Internal. Pada Tanggal 20 Maret 2010 di deklarasikan kampus konservasi. Pada tahun yang sama, Unnes mendapatkan hibah 1000 sepeda dari program Corporate Social Responsibility pihak ke 3. Dari survei cordon line tertutup, dicatat setidaknya ada 3000 sepeda motor berada di dalam kampus Sekaran pada saat yang sama.Berdasarkan survei yang lain, survei berjenjang berbatas, sudah tumbuh minat warga unnes untuk bersepeda dan berjalankaki di lingkungan kampus sekaran unnes, dan di sisi lain, pengelola unnes sedang berusaha keras untuk memenuhi permintaan ini.Tulisan ini berusaha fokus pada fakta-fakta yang didapat dari hasil survei dari 2010-2012, dan memberi rekomendasi berdasar fakta-fakta tersebut


Keywords


Transportation; user behavior; bicycles; motor bikes; time; space; Transportasi; perilaku pengguna; sepeda; sepeda bermotor; waktu; ruang

Full Text:

PDF

References


Alfa Narendra, 2011, Pola Pemilihan Moda Pengguna Bus Rapid Transit (BRT) Di Kota Semarang, FSTPT 13 Proceeding

Arfitriyani, Daniel Agnes and Triwibowo, 2011, Analisis Pola Permintaan Sepeda Kampus Bagi Mahasiswa Universitas Negeri Semarang, Skripsi Unnes

DanikDaniati. 2011. Perencanaan Jalur Sepeda Dilingkungan Universitas Negeri Semarang Guna Mendukung Universitas Konservasi. Universitas Negeri Semarang. Semarang.

Edward K Morlock. 1988. Pengantar Teknik dan Perencanaan Transportasi. Yogyakarta: Erlangga.

Muh Arief Firdaus et al., 2010, Analisa Kapasitas Parkir Unnes, Skripsi Unnes




DOI: https://doi.org/10.15294/jtsp.v14i2.7095

Refbacks

  • There are currently no refbacks.