OPTIMALISASI PENATAAN FASILITAS PEJALAN KAKI DENGAN EFISIENSI PERGERAKAN BERDASARKAN PADA KARAKTERISTIK PEDESTRIAN (Studi Kasus di Simpang Empat Kartasura)

Harwidyo Eko Prasetyo(1),


(1) Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Darul Ulum Islamic Centre Sudirman GUPPI (UNDARIS) Jl. Tentara Pelajar No. 13, Ungaran, Jawa Tengah

Abstract

Problems related to the sidewalks and pedestrian facilities are provided in part used as a place of trade. The purpose of the study is to determine the characteristics of pedestrians, availability of facilities, the amount of pedestrian characteristics (flow (flow), velocity (speed), and density (density)), optimazion of facilities available to accommodate pedestrians and to determine how to resolve problems arise in pedestrian activity at the intersection of four Kartasura on Jl Ahmad Yani, Kartasura. Research object is taken along the pedestrian sidewalk and pedestrian crossing the road. Data taken consists of: pedestrian travel time, number of pedestrians, pedestrian number, the number of vehicles and pedestrians passing questionnaires at survey sites. The analytical methods used to determine the level of pedestrian facilities services with HCM method 2000 and for the results of the PV2 pedestrian facilities of the Department of Transport, UK. Based on the analysis and discussion in mind that pedestrian facilities are already available on Jl Ahmad Yani, Kartasura not function efficiently. The ability of the facility to accommodate pedestrian pedestrian expressed in the level of service is included based on the current and A pedestrian space and is based on the speed of pedestrians. Based on the results of the questionnaire showed that the optimal conditions are desired by the community and the use of pedestrian crosswalk with traffic lights / pelican crossing.

Permasalahan terkait fasilitas pejalan kaki yaitu trotoar yang disediakan sebagian digunakan sebagai tempat berdagang. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui karakteristik pejalan kaki, ketersediaan fasilitas, besarnya karakteristik pejalan kaki (arus (flow), kecepatan (speed), dan kepadatan (density)), optimalisasi fasilitas yang tersedia untuk mengakomodasi pejalan kaki dan untuk mengetahui cara mengatasi permasalahan yang timbul pada aktifitas pejalan kaki di simpang empat Kartasura pada Jl Ahmad Yani , Kartasura.   Obyek penelitian yang diambil adalah pejalan kaki yang menyusuri trotoar dan pejalan kaki yang menyeberang jalan. Data yang diambil terdiri dari: waktu tempuh pejalan kaki, jumlah pejalan kaki, jumlah penyeberang jalan, jumlah kendaraan dan kuisioner pejalan kaki yang melintas pada lokasi survai. Metode analisa yang digunakan untuk mengetahui tingkat pelayanan fasilitas pejalan kaki dengan metode HCM 2000 dan untuk hasil fasilitas penyeberang jalan dengan PV2 dari Department of Transport, Inggris.  Berdasarkan hasil analisa dan pembahasan diketahui bahwa fasilitas pejalan kaki yang telah tersedia di Jl Ahmad Yani , Kartasura belum berfungsi secara efisien. Kemampuan fasilitas pejalan kaki untuk mengakomodasi pejalan kaki yang dinyatakan dalam tingkat pelayanan adalah termasuk A didasarkan pada arus dan ruang pejalan kaki serta didasarkan pada kecepatan pejalan kaki.  Berdasarkan hasil kuisioner didapatkan bahwa kondisi optimal yang diinginkan masyarakat dan pejalan kaki dengan menggunakan zebra cross dengan lampu lalu lintas/pelican crossing.


Keywords

Pedestrian facilities; level of service; characteristics; fasilitas pejalan kaki; tingkat pelayanan; karakteristik

Full Text:

PDF

References

, Pedoman Penulisan Tesis, Jurusan Teknik Sipil Program Pascasarjana, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

, Highway Capacity Manual, Special Report 206, Transportation Research Board, Washington D.C National Research Council.

Abbas, A. K., Mabrouk, l. , El – Araby, A. K., 1996, School Children as Pedestrian in Cairo, Proxies For Improving Road Safety, Journal of Transportation Engineering, ASCE, 291-299.

Agah, R. , Wijayanti, E. , 1990, Identifikasi Kebutuhan Fasilitas Penyeberangan Pejalan Kaki, Studi Kasus Jalan-Jalan di DKI Jakarta, Konferensi Tahunan Teknik Jalan Ke-4, Teknik Lalulintas dan Transportasi, Dirjen Bina Marga, Himpunan Pengembangan Jalan Indonesia.

Bambang, K, 1984, Statistik Analisa Runtut Waktu dan Regresi Korelasi, Fakultas Ekonomi, Universitas Gadjah Mada.

Fruin, John, Pedestrian Planning and Design, Metropolitan Association Urban Designor and Environment Planners, New York, N.Y.

Harwidyo, EP, 2007, Evaluasi Fasilitas Pejalan Kaki (Pedestrian) dan Alternatif Penyelesaiannya di Kawasan Pasar Kartasura dan Sekitarnya, Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Surakarta

Munawar, Ahmad, 2004, Manajemen Lalu Lintas Perkotaan, Dosen Jurusan Teknik Sipil Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Nofiana, E, 2005, Analisan Kebutuhan Fasilitas Penyeberangan Pejalan Kaki pada Zona CBD, Studi Kasus Jl. Yos Sudarso, Jl. DR. Radjiman.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.