ANALISIS KAPASITAS RUANG PARKIR MOBIL PENUMPANG OFF STREET FIK DAN FT UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

Eko Nugroho Julianto(1),


(1) Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang (UNNES) Gedung E4, Kampus Sekaran Gunungpati Semarang 50229, Telp. (024) 8508102

Abstract

A desire to achieve campus conservation program is one reason in revamping the needs of existing parking spaces.Hopefully, by the analysis of the need for parking spaces can make the guidance on land use for parking space that is required to students as parking lot users. Parking lot that exists today in FIK and FT for passenger cars has an area of 1447 m² effective parking with a capacity of 74 units of the parking space static and dynamic capacity of 3985 cars. Based on the calculation and the results of a field survey for the parking space requirement, it is found now that this park is now unable to serve the needs that exist during peak hours, especially when approaching Friday prayers. But for it just only a short-time then it is not a problem. To solve problems that exceed the maximum accumulation of quota only brief can be solved with on-street parking system that uses the model 90º angle. Another way to solve parking problems in FIK and FT is with a good management system. Appropriate analysis of the importance of the capacity calculation FIK and FT parking space is for 38 units of space parking system with dynamic capacity with a record of eliminating all the parking area with the intention of maximizing.

 

Keingingan untuk mewujudkan program konservasi kampus juga ikut melatarbelakangi dalam pembenahan kebutuhan ruang parkir yang sudah ada. Diharapkan dengan adanya analisa tentang kebutuhan ruang parkir dapat menjadikan pedoman tentang pengaturan tata guna lahan untuk lahan parkir yang diperlukan kepada pihak universitas selaku pihak pengelola dan mahasiswa sebagai pengguna lahan parkir. Pelataran parkir yang ada saat ini di FIK dan FT untuk mobil penumpang memiliki luas area parkir efektif 1447 m2 dengan kapasitas statis 74 SRP dan kapasitas dinamis 3985 mobil. Berdasarkan hasil perhitungan dan hasil survai lapangan kebutuhan ruang parkir untuk saat ini sudah tidak dapat melayani kebutuhan yang ada pada saat jam-jam puncak terutama hari jum’at saat mendekati ibadah sholat jum’at. Tapi karena itu tidak berlangsung lama maka hal itu tidak di jadikan permasalahan. Untuk menyelesaikan permasalahan akumulasi maksimum yang melebihi kuota yang hanya berlangsung singkat tersebut dapat di pecahkan dengan sistem perparkiran on street yang menggunakan pola sudut  90º. Cara lain yang digunakan untuk mengatasi masalah perparkiran di FIK dan FT adalah dengan sistem pengelolaan yang baik. Sesuai analisis perhitungan maka didapat KRP FIK dan FT adalah sebesar 38 SRP dengan sistem kapasitas dinamis dengan catatan menghilangkan semua lahan parkir yang ada dengan maksud pemaksimalan.

 

Keywords

Parking; Passenger Cars; off street; Parkir; Mobil Penumpang; off street

Full Text:

PDF

References

Anonim. 1996. Pedoman Teknis Penyelenggaraan Fasilitas Parkir Direktorat Jendral Perhubungan Darat. Jakarta.

Anonim. 1996. Undang-Undang Republik Indonesia No.272/1996 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Departemen Perhubungan RI, Indonesia

Anonim. 2010. TU FIK dan FT dalam mahasiswa Tahun 2009. Universitas Negeri Semarang.Semarang

Anonim. 2010. Kota Semarang dalam Angka Tahun 2008. Badan Pusat Statistik Kota Semarang. Semarang.

Anshori, Muhammad Isa. 1998. Penataan Parkir Pada Ruas Jalan Doho di Kotamadya Kediri. Program Pasca Sarjana Magister Sistem dan Teknik Transportasi (tidak dipublikasikan). UGM Yogyakarta.

Hastuti, Endah Tri dan Himatul Ulya. 2004. Manajemen Parkir di PT. Alfa Retailindo Tbk. Semarang. Program Strata-I Teknik Sipil (tidak dipublikasikan) . UNISSULA Semarang.

Hobbs, F.D. 1995 Traffic and Engineering, second edition. Terjemahan oleh Suprapto TM dan Waldjono. Penerbit Gajah Mada Press. Yogyakarta

Refbacks

  • There are currently no refbacks.