Perspektif Pendidikan: Gawai sebagai Sarana Belajar Anak

Siti Faridah(1), Muarifuddin Muarifuddin(2), Mohammad Naefi(3), Annas Firdaus(4), Dwi Pangestu Khoirunisa(5),


(1) Universitas Negeri Semarang
(2) Universitas Negeri Semarang
(3) Universitas Negeri Semarang
(4) Universitas Negeri Semarang
(5) Universitas Negeri Semarang

Abstract

Abstrak. Gawai memiliki fungsi praktis. Selain dari pada itu, peranti elektronik ini juga memiliki pengaruh besar terhadap bidang pendidikan dan proses pembelajaran anak-anak di sekolah. Fungsinya yang urgen menyebabkan gawai tidak jarang digunakan oleh sebagian masyarakat dan menyebabkan kecanduan. Pengaruhnya tidak sedikit, gawai dapat menyebabkan gangguan pertumbuhan otak anak, obesitas, kurangnya waktu tidur, kelainan mental, kecanduan akut, kesulitan berkonsentrasi, dan terganggunya proses belajar. Semua dampak tersebut tidak akan menimpa ketika seorang anak mampu untuk membatasi dirinya. Membatasi diri ini tidak hanya dilakukan untuk menghindarkan diri dari dampak- dampak negatif melainkan juga untuk menghindari diri dari hal hal yang membahayakan tubuh, pikiran maupun masa depan anak-anak. Metode penelitian yang dilakukan yaitu dengan penelitian kuantitatif dengan membandingkan pengaruh penggunaan ponsel pada anak-anak di Kelurahan Kandri dengan wilayah lainnya yaitu salah satu sekolah yang berada di Pandean Lamper, Kota Semarang.

Abstract. The device has a practical function. Apart from that, these electronic devices also have a major influence on the education and learning process of children at school. Its urgent function causes gadgets to be used frequently by some people and cause addiction. The effect is not small, gadgets can cause children's brain growth disorders, obesity, lack of sleep, mental disorders, acute addiction, difficulty concentrating, and disrupting the learning process. All these impacts will not happen when a child is able to limit himself. Limiting oneself is not only done to avoid negative impacts but also to avoid things that harm the body, mind and future of children. The research method used is quantitative research by comparing the effect of cell phone use on children in Kandri Village with other areas, namely one of the schools located in Pandean Lamper, Semarang City.


Keywords: anak; belajar; sarana belajar

Full Text:

PDF

References

Chusna, P. A., (2017). Pengaruh Media Gadget pada Perkembangan Karakter Anak.

Dinamika Penelitian, 17(2), pp. 318-319.

Cintya Nurika Ilma, K. N. d. S. K. S. (2019.) Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini di TK Masyithoh 1 Purworejo. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini , 3(1), p. 215.

Siti Faridah, Muarifuddin, Mohammad Naefi, Annas Firdaus, Dwi Pangestu Khoirunisa / Jurnal Bina Desa, Vol. 4, No.1, Tahun 2022

Erwindi, L. R. d. C. (2016). Ruang Aktif Sebagai Solusi terhadap Pengaruh Negatif Teknologi pada Anak. Jurnal Sains dan Seni ITS, 5(2), p. 557.

Hastuti. (2012). Psikolog Perkembangan Anak. Yogyakarta: Tugu Publisher.

Irwansyah, T. A. d. (2018.) Pendampingan Orang Tua pada Anak Usia Dini dalam Penggunaan Teknologi Digital. A Journal of Language, Literature, Culture, and Education POLYGLOT , 14(1), p. 72.

Kasiram, M. (2008). Metodologi Penelitian. Malang: UIN Malang.

Khotimah, N.( 2019). Faktor Pembeda dalam Komunikasi Lintas Budaya antara Wisatawan Asing dengan Masyarakat Lokal di Desa Wisata Kandri Gunung Pati Kota Semarang. Jurnal An-Nida, 11(1), p. 8.

Maulida. (2013). Menelisik Pengaruh Penggunaan Aplikasi Gadget Terhadap Perkembangan Psikologis Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 1(1).

Nurhaeda. (2018). Impact Of Gadget Use In Early Children Islamic Views In Integrated PAUD Mutiara Hati Palu. ECEIJ, 1(2), p. 74.

Rahmadi, A. R. A. d. F. A. (2017). Hubungan Tingkat Kecanduan Gadget dengan Gangguan Emosi dan Perilaku Remaja Usia 11-12 Tahun. Jurnal Kedokteran Diponegoro, 6(2), p. 155.

Ramdhan Witarsa, R. S. M. H. N. N. R. R. (2018). Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Siswa Sekolah Dasar. Pedagogik, 6(1), pp. 12-13.

Simamora. (2016). Persepsi Orangtua Terhadap Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Pendidikan Dasar Di Perumahan Bukit Kemiling Permai Kecamatan Kemiling Bandar Lampung. Lampung: Universitas Lampung.

Yausman, A. R. S. d. F. (2014). Pengaruh Desa Wisata Kandri terhadap Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Kelurahan Kandri Kota Semarang. Jurnal Teknik PWK, 3(4), pp. 912-914.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Bina Desa

Jurnal Bina Desa
p-ISSN 2715-6311  e-ISSN 2775-4375

Published by Pusat Pengembangan KKN, LPPM, Universitas Negeri Semarang
Support by Unnes Journals, part of the Universitas Negeri Semarang.

Unnes Logo