Pengelolaan Bank Sampah Berbasis Pemberdayaan Masyarakat

Ayu Rahmawati(1), Prita Fiorentina(2),


(1) Universitas negeri Semarang
(2) Universitas negeri Semarang

Abstract

Sampah menjadi permasalahan yang senantiasa mengemuka, tidak terkecuali di Dusun Mejing, Desa Duren, Kecamatan Bandungan. Oleh karenanya, diperlukan upaya untuk mengatasinya melalui program Bank Sampah. Tujuan kegiatan ini adalah mengetahui pelaksanaan dan dampak pengelolaan bank sampah berbasis pemberdayaan masyarakat. Metodenya yaitu melakukan pendekatan secara langsung kepada masyarakat melalui sosialisasi tatap muka melalui pertemuan dengan masyarakat.  Kegiatan pertama yaitu melakukan sosialisasi mengenai bank sampah dan meliputi pengetahuan manajemen administrasi dan keuangan sederhana. Sampah yang disetorkan berasal dari hasil pengumpulan sampah domestik berupa sampah plastik dan penyerahan dan pengumpulan sampah dilaksanakan setiap hari Rabu, Kamis dan Sabtu. Melalui program bank sampah yang telah diterapkan terdapat manfaat yang nantinya akan didapatkan, karena kegiatan ini bertujuan sebagai pemberdayaan masyarakat secara berkelanjutan. Program ini telah berhasil dijalankan di Dusun Mejing meskipun belum mencangkup banyak masyarakat yang mampu berpartisipasi dalam program tersebut sehingga belum dapat menghasilkan manfaat yang maksimal bagi masyarakat tersebut.

Full Text:

PDF

References

Himmah, W; Annisa dkk. (2017). Efektivitas Bank Sampah Sebagai Peran Masyarakat Dalam Pengelolaam Lingkungan. Malang.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) tahun 2019.

Nurhidayah, P. (2017). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Bank Sampah Di Dusun Serut, Desa Palbapang, Kecamatan Bantul, Kabupaten Bantul.

Prastyo, D. dkk. (2017). Pelaksanaan Program Bank Sampah Dalam Sistem Pengelolaan Sampah di Desa Jogodalu Kecamatan Benjeng Kabupaten Gresik. PENAMAS ADI BUANA Volume 01, Nomor 1, 01 Juli.

Suryani, S. A. (2014). Peran Bank Sampah Dalam Efektivitas Pengelolaan Sampah (Studi Kasus Bank Sampah Malang). Skripsi.

Undang - Undang Nomor 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan sampah.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Bina Desa

Jurnal Bina Desa
p-ISSN 2715-6311  e-ISSN 2775-4375

Published by Pusat Pengembangan KKN, LPPM, Universitas Negeri Semarang
Support by Unnes Journals, part of the Universitas Negeri Semarang.

Unnes Logo