Perancangan Website sebagai Media Digital Marketing untuk Mendorong Pemasaran UMKM

Noviyan Dimas(1), Indah Dewi(2), Zara Latiefa(3), Azhar Rosanto(4), Syaiful Amin(5),


(1) Universitas Negeri Semarang, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
(2) Universitas Negeri Semarang
(3) Universitas Negeri Semarang
(4) Universitas Negeri Semarang
(5) Universitas Negeri Semarang

Abstract

Usaha yang dimiliki masyarakat lokal tidak selalu berwujud seperti toko atau warung, terutama di daerah yang bukan kota besar. Masyarakat biasanya memiliki suatu usaha yang hanya bertempat di rumah saja. Hal tersebut akan menyempitkan peluang dalam usaha yang dimilikinya, dikarenakan yang ditarget dan yang mengerti akan usaha itu hanya masyarakat dalam lingkup itu saja. Masyarakat dari luar wilayah tersebut tidak akan tau mengenai usaha yang hanya di dalam rumah itu saja. Maka untuk menepis masalah tersebut, diperlukan digital marketing untuk mengenalkan usaha masyarakat lokal, biayanya lebih murah dikarenakan masyarakat tidak perlu membuat warung atau etalase dalam memasarkan usahanya, disamping itu dengan digital marketing jangkauan yang didapatkan akan lebih luas. Dengan mencantumkan alamat website pada tempat-tempat umum di wilayah tersebut, penyebaran informasi mengenai pemasaran usaha lokal akan dapat tersebar dengan luas.

Full Text:

PDF

References

Cant, M.C & Wiid, J.A. (2016). The use of traditional marketing tools by SMEs in an emerging economy: a South African perspective. Problems and Perspectives in Management. Volume 14. Issue 1.

Cooper, P. (2018). “Social media advertising stats that matter to marketers in 2018”. available at: https:// blog.hootsuite.com/social-media-advertising-stats

Permana, S.H. (2017). Strategi Peningkatan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Aspirasi. Vol. 8 No. 1.

Pressman, R. S. (2002). Rekayasa Perangkat Lunak Pendekatan Praktisi (Buku Dua). Yogyakarta: Andi.

Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM). 1(1). 1-17.

Smith, K.T. (2012). Longitudinal study of digital marketing strategies targeting millennials. Journal of Consumer Marketing. Vol. 29 No. 2. pp. 86-92.

Sommerville, I. (2011). Software Engineering 9th Edition. Addison-Wesley.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Bina Desa

Jurnal Bina Desa
p-ISSN 2715-6311  e-ISSN 2775-4375

Published by Pusat Pengembangan KKN, LPPM, Universitas Negeri Semarang
Support by Unnes Journals, part of the Universitas Negeri Semarang.

Unnes Logo