Pemberdayaan Karang Taruna Melalui Pelatihan Karawitan sebagai Upaya Peningkatan Potensi Wisata Bidang Kesenian

Rizky Budi(1), Rofi Wahanisa(2),


(1) Universitas Negeri Semarang
(2) Universitas Negeri Semarang

Abstract

Desa Lerep merupakan salat satu desa wisata yang terletak di lereng Gunung Ungaran, Kabupaten Semarang. Teragam paket wisata yang unik tanpa meninggalkan unsur lokal, salah satunya di bidang kesenian tradisional. Namun, keterlibatan generasi muda pada bidang ini masih tergolong minim. Hal ini dikarenakan kurangnya edukasi perihal kesenian tradisional karawitan tersebut. Oleh karena itu, tim KKN menawarkan solusi berupa program pelatihan karawitan dengan sasaran remaja karang taruna Desa Lerep.  Tujuan program ini adalah untuk mengenalkan dan melatih para remaja Desa Lerep terhadap kesenian karawitan, sehingga dapat diberdayakan dalam kegiatan-kegiatan pariwisata desa.  Metode yang digunakan adalah metode pengabdian dengan pendekatan Community Development dan Partisipatif. Tahapan yang digunakan adalah identifikasi masalah, penentuan tujuan, sosialisasi, pelaksanaan, dan evaluasi. Setelah diadakan pelatihan karawitan, karang taruna mulai berperan aktif dalam berbagai kegiatan pariwisata yang melibatkan bidang kesenian tradisional.

Full Text:

PDF

References

Apriliana, M. (2020). Kajian Kegiatan Wisata di Desa Wisata Lerep Berbasis Kearifan Lokal Kabupaten Semarang. Tesis. Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

Arifianto, R. (2017). Peran Karang Taruna dalam Pemberdayaan Pemuda Melalui Pelatihan Karawitan Gamelan Jawa Dusun Plumbon Kelurahan Ngadirejo Kecamatan Eromoko Wonogiri. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 1(1), 27-38.

Hadi, S., Wibowo, W., Triyono, J., Rujunia L. O., & Nasrianto L.O. (2020). Peningkatan Potensi Wisata Desa Waginopo dengan Mengoptimalkan Sumber Daya Melalui Program Ekonomi Kreatif. Jurnal SEMAR, 9(1), 36-47.

Riyadi, S. (2020). Pemantapan Jatidiri Bangsa Melalui Pelatihan Karawitan Pada Kel. Karawitan Marsudi Budaya dan SDN Sugihan 1 Kec. Bendosari Kab. Sukoharjo. Abdi Seni: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 11(1), 75-83.

Setyani, E. A., dkk. (2019). Pelatihan Karawitan: Upaya Penguatan Nilai Budaya pada Siswa Sekolah Dasar di Tengah Perkembangan Globalisasi. Jurnal Bina Desa, 1(1), 8-11.

Sukesi, S. (2019). Pemberdayaan Potensi Seni Masyarakat Desa Caruban Kecamatan Kandangan Kabupaten Temanggung Jawa Tengah. Abdi Seni: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 10(1), 47-55.

Widodo, A., dkk. (2020). Upaya Pelestarian Permainan Tradisional Melalui Kegiatan Kemah Bakti Masyarakat. ETHOS: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(2), 257-264.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Bina Desa

Jurnal Bina Desa
p-ISSN 2715-6311  e-ISSN 2775-4375

Published by Pusat Pengembangan KKN, LPPM, Universitas Negeri Semarang
Support by Unnes Journals, part of the Universitas Negeri Semarang.

Unnes Logo