Ketahanan Pangan di Masa Pandemi Covid-19: Aquavid (Aquaponic in Covid-19) Solusi Pangan Mandiri

Ridwan Arifin(1), Oktav Awangga Putra(2), Muhammad Fahmi Yazid(3), Hannifah Rizky Amaliani(4), Bisri Rahayuningsih(5), Riska Suranti(6),


(1) Fakultas Hukum, Universitas Negeri Semarang
(2) Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang
(3) Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang
(4) Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang
(5) Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang
(6) Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang

Abstract

Kasus covid-19 di Indonesia semakin naik. Dampak dari virus ini berimbas pada lumpuhnya perekonomian, kesulitan finansial, kelaparan dan kesulitan pangan. Salah satu wilayah pengabdian KKN Universitas Negeri Semarang yaitu RT 04 RW 06 Kelurahan Bumirejo, Kebumen. Kelurahan Bumirejo juga telah dikonfirmasi terdapat kasus covid-19. Dalam mendukung gerakan melawan covid-19, KKN ini mendesain program kerja pemenuhan kebutuhan pangan, yaitu “Aquavid (Aquaponic in Covid-19): Penerapan Outdoor Aquaponic Bucket sebagai Solusi Mandiri Pangan di Kelurahan Bumirejo. Keuntungan yang didapat dari program Aquavid, yaitu membantu memenuhi kebutuhan pangan secara mandiri terutama untuk membantu pemenuhan kebutuhan pangan selama pandemi covid-19. Dalam pelaksanaannya, program aquavid di Kelurahan Bumirejo terdiri dari persiapan alat dan bahan hingga pelaksanaan. Penerapan Outdoor Aquaponic Bucket ini memperoleh respon positif karena selain menambah pengetahuan warga, program kerja ini memiliki banyak keunggulan untuk masyarakat, seperti pemanfaatan lahan kecil untuk budidaya sayuran, inspirasi bisnis, dan daur ulang barang bekas menjadi barang baru yang bermanfaat.

Full Text:

PDF

References

https://m.detik.com/news/berita/d-4991485/kapan-sebenarnya-corona-pertama-kali-masuk-ri (diakses tanggal 1 September 2020).

Rakocy, R., et.al. (2003). Aquaponic Production of Tilapia and Basil: Comparing a Batch and Staggered Cropping System. South Pacific Soilless Culture Conference-SPSCC 648, 63-69.

Tribunnews. (2020). “Rawan Kelaparan dan Kesulitan Pangan Dampak Wabah Virus Corona Warga di Papua Berkebun Masal”, Online, https://wartakota.tribunnews.com/2020/05/29/rawan-kelaparan-dan-kesulitan-pangan-dampak-wabah-virus-corona-warga-di-papua-berkebun-massal (diakses tanggal 1 September 2020).

Yep, Y., & Zheng, Z. (2019). Aquaponic trends and challenges- a review. Journal of Cleaner Production 228. 1586e1599.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Bina Desa

Jurnal Bina Desa
p-ISSN 2715-6311  e-ISSN 2775-4375

Published by Pusat Pengembangan KKN, LPPM, Universitas Negeri Semarang
Support by Unnes Journals, part of the Universitas Negeri Semarang.

Unnes Logo