Pengembangan Jiwa Wirausaha Anggota Karang Taruna melalui Hidroponik

Sofian Fakhrudin(1),


(1) Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, Fakultas Ushuludin dan Dakwah, IAIN Kediri

Abstract

Pengabdian masyarakat di wilayah desa Darungan kecamatan Pare kabupaten Kediri ini dilatarbelakangi oleh kondisi masyarakat terkhusus pemuda desa yang mempunyai banyak waktu luang karena pandemi. Disisi lain mereka juga mempunyai potensi untuk melakukan wirausaha. Kebun hidroponik milik anggota karang taruna yang sudah lama berhenti sejak pandemi karena masalah pemasaran adalah fokus kegiatan yang digarap pada program ini, tujuannya menghidupkan kembali kebun hidroponik dan memahamkan kepada mereka tentang peluang bisnis hidroponik di masa pandemi. Selanjutnya melakukan koordinasi dengan pengurus karang taruna untuk membahas kerja sama dalam mengadakan kegiatan. Metode yang dilakukan saat kegiatan adalah ceramah atau diskusi, demo atau praktik dan advokasi. Didapatkan bahwa para peserta menjadi lebih paham tentang taca cara menanam dan merawat hidroponik. Selain memahami tentang cara menanam hidroponik, peserta juga memahami bahwa hidroponik bisa dijadikan sebuah ladang berwirausaha. Setelah proses advokasi, karang taruna Desa Darungan tidak bingung lagi dalam memasarkan hasil panen hidroponik.

Full Text:

PDF

References

Hakimah, Ema, Rino Sardanto, dkk. 2017. Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan Hidroponik Membentuk Wirausahawan Baru Pada Perum Kuwak Utara Kelurahan Ngadirejo Kota Kediri. Jurnal Abdinus, Vol (1) No 1.

Halim, L., & I, Y. (2019). Strategi Pelatihan Hidroponik Sebagai Pemberdayaan Masyarakat Yang Bernilai Ekonomis. PATRIA, 1(2), 69. https://doi.org/10.24167/patria.v1i2.2069

Roidah, I. S. (2015). Pemanfaatan Lahan Dengan Menggunakan Sistem Hidroponik. Jurnal BONOROWO, 1(2), 43-49–49.

Sarno, S. (2019). Pemberdayaan Karang Taruna Desa Rakit Melalui Kegiatan Budidaya Dan Pengolahan Sayuran Organik. Masyarakat Madani: Jurnal Kajian Islam dan Pengembangan Masyarakat, 4(2), 33–43.

Satya, M. T., Tejaningrum, A., & Hanifah. (2017). Manajemen Usaha Budidaya Hidroponik. http://repository.ekuitas.ac.id/handle/123456789/335

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Bina Desa

Jurnal Bina Desa
p-ISSN 2715-6311  e-ISSN 2775-4375

Published by Pusat Pengembangan KKN, LPPM, Universitas Negeri Semarang
Support by Unnes Journals, part of the Universitas Negeri Semarang.

Unnes Logo