Analisis Kesenjangan Pelaksanaan Standar Proses pada Pembelajaran Produktif di SMK

Atika Atika(1), I Made Sudana(2), Basyirun Basyirun(3),


(1) Jurusan PKK Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
(2) Prodi Pendidikan Kejuruan, Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
(3) Prodi Pendidikan Kejuruan, Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Indonesia

Abstract

Tujuan penelitian, diantaranya menguraikan bagaimana pelaksanaan standar proses, menganalisis seberapa tingkat kesenjangannya dan merancang bagaimana solusi permasalahan terkait kesenjangan pelaksanan standar proses. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Aspek dalam penelitian ini adalah (a) perencanaan pembelajaran; (b) pelaksanaan pembelajaran; (c) penilaian hasil belajar; (d) pengawasan oleh kepala sekolah. Teknik pengumpulaan data, yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa dalam hal perencanaan pembelajaran diperoleh kriteria tidak senjang, artinya pada kegiatan perencanaan tidak banyak guru yang mengabaikan standar yang ditetapkan oleh Permendikbud No. 65 tahun 2013. Hasil analisis pelaksanaan pembelajaran diperoleh kriteria cukup senjang, artinya standar proses yang ditetapkan belum sepenuhnya dilaksanakan. Hasil analisis menunjukkan bahwa pada kegiatan penilaian masih diperoleh hasil cukup senjang, artinya masih terdapat ketentuan yang belum diterapkan. Hasil analisis pada komponen pengawasan memberikan kesimpulan jika masih terdapat kepala sekolah yang tidak menjalankan fungsinya sebagai pengawas internal.

 

Therefore, the aims of study are to investigate the implementation of the standard process, analyze the discrepancy rate and design the solution toward the issue of discrepancy. This research uses the quantitative descriptive approach. There are several aspects investigated; (a) lesson plan, (b) learning process, (c) evaluation of learning result, and (d) headmasters’ control. To collect the data, the methods of observation, interview, and documentation are used. The result is explained in form of criteria. It is no discrepancy for lesson plans, means that most of the lesson plans are in accord with the Basic Principles issued by Ministry of Education and Culture Number 65 in 2013. The learning process has a quite discrepancy rate, means the standard process is incompletely applied; so does the evaluation which ignores several principles to apply. It is also noted that some headmasters ignore their function as an internal supervisor. To sum up, the discrepancy issue needs further concrete solution.

Full Text:

PDF

References

Astowo. 2013. Kinerja Guru dalam Pengelolaan Pembelajaran di SMK. Portal Garuda. Volume 1 Nomor 1. Oktober 2013.

Azwar, Saifuddin. 2013. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dharma, Surya dkk. 2013. Tantangan Guru SMK abad 21. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Pendidikan Menengah, Dirjen Pendidikan Menengah dan Kemendikbud.

Kunandar. 2014. Penilaian autentik. Jakarta: Rajawali Pers.

Novera, Amri Isvet. 2004. Indonesian Postgraduate Students Studying in Australia and Examination of their academic, Social and Culture Experiences. International Education Journal Vol. 5. No. 4, 2004.

Peraturan Pemerintah No. 13 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: 2013.

Peraturan Pemerintah No. 65 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. 2013.

Rustandi, Andi. 2013. Meaning Negotiation Between Teacher and Students in a Fledgling Inter-national Standardized School. International Journal of English and Education Essay: 2278-4012, Vol. 2 Issue. 3 July 2013.

Sanjaya, Wina. 2014. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sholeh, Muh. 2007. Perencanaan Pembelajaran Mapel Geografi Tingkat SMA dalam Konteks KTSP. Jurnal Geografi Volume 4 No. 2 Juli, 2007.

Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


PASCASARJANA UNNES,
Gedung A Kampus Kelud, Semarang 50233
Telp. +62248440516, +62248449017
Faks. +62248449969
Website: http://pps.unnes.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
p-ISSN 2339-0344. e-ISSN 2503-2305