Kompetensi Kewirausahaan Siswa Sekolah Menengah Kejuruan

Ahmad Jabidi(1), Achmad Slamet(2), Muhammad Khumaedi(3),


(1) SMK Ma’arif NU 03 Larangan Brebes, Indonesia
(2) Universitas Negeri Semarang, Indonesia
(3) Universitas Negeri Semarang, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaan kompetensi kewirausahaan siswa SMK Islamiyah Adiwerna Kabupaten Tegal Jawa Tengah yang prakerin di bengkel resmi dan bengkel perorangan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian survei dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian adalah seluruh siswa kelas XII jurusan teknik sepeda motor dengan populasi 169 dengan sampel responden 123 siswa dengan pembagian 49 siswa yang prakerin dibengkel resmi dan 74 siswa  yang prakerin dibengkel perorangan. Pengambilan data menggunakan angket. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif kuantitatif dan Uji T. Hasil penelitian mendapatkan kompetensi kewirausahaan yang dimiliki oleh siswa yang prakerin dibengkel resmi lebih tinggi daripada siswa yang prakerin dibengkel perorangan, dimana siswa yang prakerin dibengkel resmi nilainya sebesar 110,90 sedangkan siswa yang prakerin dibengkel perorangan sebesar 105.00, hasil uji T 2 pihak menunjukan Sign. (2-tailed) didapatkan 0.00 yang artinya ada perbedaan kompetensi kewirausahaan antara siswa yang praktik kerja industri di bengkel resmi dan bengkel perorangan.

 

This research was aimed to describe the students’ enterpreneurship competence of SMK Islamiyah Adiwerna Kabupaten Tegal Jawa Tengah who did prakerin in the legal garage and individual garage. The research was a survey research which used quantitative approach. The population was all students at XII of Motorcycle Technique Department consisted of 169 students and the respondent samples were 123 students. The 49 students did prakerin in the legal garage, and the 74 students were in the individual garage. Furthermore, the researcher used questionnaire to collect the data, and he also used quantitaive descriptive and t test. Based on the result of this research, it could be concluded that the students’ enterpreneurship competence who did prakerin in the legal garage was higher than the students who were in the individual garage. Furthermore, the score of students who did prakerin in the legal garage was 110,90, and the score of students who did prakerin in the indiviual garage was 105,00. The result of destination T 2 point of sign (2-taied) is received 0.00 its meaning there is different enterpreneurshipcompetence between student who company work practice in legal workshop and personal workshop.

Full Text:

PDF

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Badan Pusat Statistik (2016) jumlah pengangguran bertambah

Djojonegoro, W.1998. Pengembangan Sumber Daya Manusia Melalui Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Jakarta: PT Jayakarta Agung Offset.

Djojonegoro, W. 1988 Visi dan startegi pembangunan pendidikan untuk tahun 2020: tuntutan terhadap kualitas. Jakarta, Depdikbud

Sudira (2009) dalam buku Tantangan Guru SMK Abad 21 Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2013) Tantangan Guru SMK Abad 21

Kholifah Ningsih : 2014 Pengaruh kompetensi kewirausahaan, persepsi mengenai Praktik Kerja Industri (Prakerin) dan perbedaan status pekerjaan orang tua terhadap minat berwirausaha (studi kasus pada siswa kelas XI Jurusan Pemasaran di SMK Negeri Pasirian Lumajang) .

Nelly Syarifah : 2013 Analisis Pelaksanaan Praktik Kerja Industri Ditinjau Dari Peningkatan Kompetensi Siswa (Studi Pada Siswa Kelas XI Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan SMK Negeri 6 Bandung

Prima Fithri dan Ananda Febriana Sari, 2012 Analisis Kompetensi Kewirausahaan Industri Kecil Suku Cadang Di Kota Padang

(Sumber:http://pai-umy.blogspot.com/2013/03/materipendidikan-kewirausahaan _ 25 htm ) 38.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Zulganef (2008:1) metode penelitian sosial dan bisnis. Edisi pertama, yogyakarta graha ilmu.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


PASCASARJANA UNNES,
Gedung A Kampus Kelud, Semarang 50233
Telp. +62248440516, +62248449017
Faks. +62248449969
Website: http://pps.unnes.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
p-ISSN 2339-0344. e-ISSN 2503-2305