Penerapan Model Pembelajaran Shesil (Soft, Hard and Environment Skill Integrated Learning) pada Kecakapan Otomotif

Rakim Rakim(1), Saratri Wilonoyudho(2), Dwi Widjanarko(3),


(1) SMK N 3 Kota Tegal, Jawa Tengah, Indonesia
(2) Universitas Negeri Semarang, Indonesia
(3) Universitas Negeri Semarang, Indonesia

Abstract

Perkembangan teknologi dan informasi akan berdampak pada sendi sendi kehidupan manusia. Manusia membutuhkan kecakapan sesuai perkembangan jaman dan kemampuan untuk meminimalisasikan resiko akibat  teknologi seperti pergeseran nilai karakter dan kerusakan lingkungan. Pendidikan menjadi garda terdepan dalam mewujudkan hal tersebut. Dibutuhkan pola pembelajaran yang menyeimbangkan pendidikan soft skill, hard skill dan environment skill dalam satu kesatuan. Penelitian ini yang dilakukan bertujuan untuk menghasilkan desain model pembelajaran SHESIL yaitu pembelajaran yang mengintegrasikan soft skill, hard skill dan environment skill dalam satu kesatuan. Berdasarkan uji validitas ahli, model pembelajaran SHESIL memiliki tingkat kevalidan yang baik dan layak digunakan.  Efektifitas model dapat dilihat pada uji coba lapangan. Hasil data lapangan menunjukan ada peningkatan pada penilaian soft skill, hard skill dan environment skill. Penilaian keseluruhan aspek dari soft skill, hard skill dan environment skill terhadap peningkatan kecakapan otomotif menunjukan ( t hitung 10,58 > t tabel - 1,64) sehingga disimpulkan model pembelajaran SHESIL efektif meningkatkan kecakapan otomotif siswa SMK. Penerapan model pembelajaran SHESIL menjadi alternatif pilihan dalam membantu guru untuk menanamkan pendidikan soft skill dan kesadaran lingkungan sesuai tujuan pendidikan nasional.

 

The development of technology and information will affect to the principal of human life. Humans need skills based on the development of time and ability to minimize risks caused by technology such as shifting character values and environmental damage. Education becomes foremost guard in creating it. We need  learning model which balances soft skill, hard skill and environment skill in a single entity. The purpose of this research is to produce SHESIL learning model that is the application of learning to integrate soft skill, hard skill and environment skill in one unit. Based on validity test done by the expert,  SHESIL learning model has a feasible and fair validity to be used. The effectiveness of the model can be on field experiment. The result of field data showed that there was a soft skill improvement, environmental skill improvement  and t count 31,46 and hard skill improvement. The whole assessment of soft skill, hard skill and environment skill to the improvement of automotive skill showed t count bigger than t table (10,58> - 1,64) so we can that conclude that SHESIL learning model can improve the automotive skill of vocational students effectively. Application of SHESIL learning model is becomes an alternative choice to assist teachers in realizing soft skill education and environmental sensitivity matching to goals of national education.

Full Text:

PDF

References

Afriani, R. & Setiyani, R. 2015. Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Kejuruan, Penguasaan Soft Skill, dan Kematangan Karir Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas Xii Akuntansi Smk Negeri 2 Magelang Tahun Ajaran 2014/2015. Vol 4 No 2 (2015): Economic Education Analysis Journal , UNNES.

Al Mamun, M. A. 2012 . The Soft Skill Education for the Vocational Graduate: Value as Work Readiness Skill. British Journal of Education, Society & Behavioural Science2(4): 326-338. Islamic Univercity of Technology. Bangladesh.

Arslan, S. 2012. The Influence of Environment Education on Critical Thinking and Environmental Attitude. International Conference on New Horizons in Education Inte2012, Sakarya University, Turki.

Barlia, L. 2008. Teori Pembelajaran Lingkungan Hidup di Sekolah Dasar. Subang: Royyan Press.

Beny, U. 2013. Pengaruh Komunikasi Interpersonal terhadap kinerja pegawai pada Fakultas Ekonomi Universitas PGRI Palembang, Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 10, No.1, April 2013 : 1 -18, Palembang.

Dina, A., Mawarsari, V.D., Suprapto, R. 2015. Implementasi Kurikulum 2013 Pada Perangkat Pembelajaran Model Discovery Learning Pendekatan Scientific Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Materi Geometri SMK. Jurnal. JKPM, Volume 2 Nomor 1, April 2015.

Endang, D.P.J.E. 2011. Pengaruh Strategi Pelatihan Dan Pengetahuan Konsep Dasar Ekologi Terhadap Sikap Tenaga Kerja yang Berwawasan Lingkungan (Eksperimen Pada Tenaga Kerja Indonesia Di Balai Latihan Kerja Daerah Jakarta Barat (2006). Journal Pendidikan lingkungan. Vol XI No 2 September 2011. Depnakertrans. Jakarta.

Kusnadi, A. 2016. Model Pendidikan Peduli Lingkungan Sekolah Bersih Tanpa Cleaning Service (Studi Etnografi di SMP IT Dinamika Umat Bogor), Thesis, IAIN Surakarta.

Mitroi, Maria, Monica, P., 2015. The Impact of Psycho-Pedagogical Training on Communicative Competence, Procedia - Social and Behavioral Sciences 191 ( 2015 ) 2443 – 2447, Romania.

Modrea, A. 2012. Approaching communication from an entrepreneurial perspective. Procedia - Economics and Finance 3 1088 – 1092. Elvesier. Romania.

Purnawirawanti, Y., Sarwanto, Sugiyarto, 2013. Pendekatan Kontekstual Melalui Metode Demonstrasi dan Simulasi dalam Pembelajaran IPA ditinjau dari Kecerdasan Spasial dan Interaksi Sosial Siswa. Jurnal Inkuiri, Vol 2, No 1 2013 (hal 76-87). http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/sains

Rachim, T.2014. Pengaruh Komunikasi dan Motivasi terhadap Kinerja Karyawan PT. Bober. 3rd Economics & Business Research Festival 13 November 2014, Universitas Kristen Satya Wacana.

Sailah, I. 2008. Pengembangan Softskill di perguruan Tinggi, LPPM-IPB, Jakarta.

Samsudi. 2014. Pengembangan Model Pembelajaran Program Modeltif SMK Untuk Membentuk Karakter Kewirausahaan Lulusan, Jurnal Cakrawala Pendidikan, Juni 2014, Th. XXXIII No.2, Yogyakarta, UNY.

Sasmita, D. W. 2010. Model Pembelajaran dan Pendekataannya, Makalah, Pasca sarjana UNESA.

Schulz, B. 2008. The Importance of Soft Skill: Education beyond Academic Knowledge, Nawa: Journal of Language & Communication . 2008, Vol. 2 Issue 1, p146-154. 9p.

Setiyadi, J.T. 2014. Pengaruh Integrasi Soft Skill Dalam Mata Pelajaran Teknologi Mekanik Terhadap Perilaku Belajar. E-Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Volume 2, Nomor 2, Tahun 2014, UNY.

Sudana, I. M. 2015. "Model Pendidikan Soft Skill untuk Calon SMK." proceedingfptk 437 (2015).

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, Bandung, Alfabeta.

Suryanto, D., Kamdi, W., Sutrisno. 2013. Relevansi soft skill yang dibutuhkan dunia usaha/industri dengan yang dibelajarkan di sekolah menengah kejuruan, Jurnal

Teknologi dan Kejuruan, Vol. 36, No. 2, September 2013:107 118, Universitas Negeri Malang.

Tarigan, H., Salim, U., Troena E.A., & Setiawan, M. 2012. Pengetahuan Individu dan Pengembangan Kerja Tim Berpengaruh Terhadap Kinerja Perusahaan di Kawasan Industri MM2100 Cikarang, Bekasi. Jurnal Manajemen Kewirausahaan, Vol.14, No. 1, Maret 2012: 23−4. Fakultas Ekonomi. Universitas Brawijaya. Malang.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


PASCASARJANA UNNES,
Gedung A Kampus Kelud, Semarang 50233
Telp. +62248440516, +62248449017
Faks. +62248449969
Website: http://pps.unnes.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
p-ISSN 2339-0344. e-ISSN 2503-2305