PENGENALAN LINGKUNGAN SEKITAR UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATA PELAJARAN SOSIOLOGI

Lina Anggraeni(1),


(1) SMA Islam Tegal Jawa Tengah Indonesia 60987

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan strategi meningkatkan minat belajar mata pelajaran sosiologi dengan pengenalan lingkungan sekitar. Lokasi penelitian adalah di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Babakan Kabupaten Tegal. Metode pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan dan wawancara. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa upaya yang dilakukan guru sosiologi untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas XI IPS terhadap mata pelajaran sosiologi dengan menggunakan lingkungan sekitar sebagai media dan sumber belajar sangat positif. Upaya ini dilakukan dalam bentuk karya wisata untuk mempelajari obyek tertentu, misalnya kunjungan siswa kelas XI ke makam Ki Gede Sebayu. Selain itu ada kegiatan perkemahan di sekitar makam Ki Gede Sebayu. Upaya lainnya adalah melalui kunjungan ke sekolah lain di sekitar MAN Babakan. Faktor yang menghambat penggunaan lingkungan sekitar untuk meningkatkan minat belajar siswa, yaitu faktor internal berupa kurangnya motivasi siswa dalam proses pembelajaran dan minimnya kepekaan siswa terhadap lingkungan sekitar yang berhubungan dengan materi pembelajaran; serta faktor eksternal berupa minimnya kesempatan bagi guru untuk menggunakan lingkungan sekitar sebagai salah satu media pembelajaran, kurangnya persiapan, pandangan skeptis dari guru dan siswa bahwa kegiatan mempelajari lingkungan menghabiskan waktu, dan sempitnya pandangan guru bahwa kegiatan belajar hanya terjadi di dalam kelas.

The objecticve of this study is to describe the strategy to increase students’ motivation and interest in the subject of sociology through contact with surrounding neighbourhood. This research was done in Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Babakan Tegal. Methods of data collection were interviews and observation. The results of the research reveal that teachers’ efforts to increase interest in learning sociology among class XI social program  using surrounding environment as media and learning resource indicate positive results. The effort is done in a field trip to study a particular object, for example,  students’ visit to the tomb of Ki Gede Sebayu. In addition, there are camp activities around the tomb of Ki Gede Sebayu. Another effort is through visiting other schools around MAN Babakan. Factors that inhibit the use of the environment to enhance students ‘learning interest include internal factor such as the lack of student motivation in the learning process and students’ lack of sensitivity to the environment associated with the learning materials; as well as external factors, including lack of opportunity for teachers to use the environment as a learning media, lack of preparation, a skeptical view of teachers and students that field study is time consuming, and the narrow view of teachers that learning only happens in the classroom.

Keywords

surrounding orientation; student learning interest; subject of sociology.

Full Text:

PDF

References

Adri, N.K. 2010. Implementasi Pembelajaran Tematik Berbasis Lingkungan dalam Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Calistung Siswa Kelas III SD No. 3 Bungkulan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha ISSN 1858-4543. 6(2): 14-23 Stern dalam Depdikbud. 1984. Pengenalan Lingkungan Hidup. Jakarta: Dirjen Dikdasmen

Eliyawati, C. 2005. Pemilihan dan Pengembangan Sumber Belajar. Jakarta: Dirjen Dikti

Isriani, H. 2011. Pembelajaran Sosiologi Yang Menggugah Minat Siswa. Jurnal Komunitas. 3(1): 108-125

James dalam Usman, Moh. Uzer. 1995. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Rosdakarya

Muharram., dkk. 2010. Pengembangan Model Pembelajaran IPA SD Berbasis Bahan di Lingkungan Sekitar Melalui Pendekatan Starter Eksperimen. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 16(3)

Narohita, G.A. 2010. Pengaruh Penerapan Pendekatan Kontekstual terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika pada Siswa Sekolah Menengah Pertama (Studi Eksperimen pada SMP Negeri 1 Tejakula). Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha ISSN 1858-4543. 6(2): 14-36

Sardiman. 1986. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers

Susarno, L.H. 2010. Strategi Penyampaian Bahan Ajaran Melalui Pemanfaatan Metode dan Media dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Teknologi Pendidikan. 10(1): 1-7

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.