PENGARUH PEMAHAMAN GURU TENTANG PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI

Dewi Emiasih

Abstract

Integrasi muatan pendidikan karakter di sekolah-sekolah merupakan hal yang baru dimplementasikan di lingkungan pendidikan Kabupaten Pekalongan. Pendidikan karakter masih banyak mengahadapi kendala dalam pelaksanaannya terutama dalam hal pemahaman guru tentang pendidikan karakter. Pemahaman guru tentang pendidikan karakter akan berpengaruh terhadap pelaksanaan pendidikan karakter di dalam kelas. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh pemahaman guru tentang pendidikan karakter terhadap pelaksanaan pendidikan karakter pada pelajaran Sosiologi di Pekalongan. Responden dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran Sisiologi di Kabupaten Pekalongan yang berjumlah 38 guru. Hasil penelitian ini menunjukkan ada pengaruh antara pemahaman guru tentang pendidikan karakter terhadap pelaksanaan pendidikan karakter pada mata pelajaran Sosiologi di Kabupaten Pekalongan sebesar 14,3%, artinya ada pengaruh yang signifikan antara pemahaman guru tentang pendidikan karakter terhadap pelaksanaan pendidikan karakter pada mata pelajaran Sosiologi di Kabupaten Pekalongan.

The integration of character education in schools is a new thing just implemented in Pekalongan educational system. Character education is still facing many obstacles in its implementation, especially in terms of teachers’ understanding of character education. Teachers’ understanding definitely affects the implementation of character education in the classroom. The main question discussed in this article is how teachers’ understanding of character education effeccts the implementation of character education on the subjects of sociology. The purpose of this study was to determine whether there is influence between teachers’ understanding of character education on the implementation of character education on the subjects of Sociology and to find out how much influence. Respondents in this study are Sociology teachers in the district of Pekalongan Sisiologi, that has total number of 38 teachers. The results of this study show that there is positive corelation between teachers ‘understanding of character education on the implementation of character education on the subjects of Sociology in Pekalongan District with score 14.3%. This means that the effect between teachers’ understanding of character education on the implementation of character education on the subjects of Sociology is really significant.

Keywords

character education; understanding teachers; the implementation of character education.

Full Text:

PDF

References

Akrab, S. 2010. ‘Model Pembelajaran Nilai dan Karakter Berbasis Nilai-nilai Kehidupan di Sekolah Dasar: UM Press di Malang’. Dalam Jurnal Ilmu Pendidikan. 1: 46-54

Bain. 2010. Penanaman Nilai-nilai Moralitas Pada Anak Usia Dini (Studi Kasus Pada Sebuah Lembaga Pendidikan TK di Semarang). Jurnal Forum Ilmu Sosial. 37(2): 181-191

Craib, I. 1992. Teori-teori Sosial Modern dari Parsons sampai Habermas. Jakarta: CV Rajawali

Insriani, H. 2011. Pembelajaran Sosiologi Yang Menggugah Minat Siswa. Jurnal Komunitas. 3(1): 108-125

Judiani, S. 2010. Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar Melalui Penguatan Pelaksanaan Kurikulum. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 16(3)

Poloma, M.M. 2003. Sosiologi Kontemporer. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Putri, N.A. 2011. Peneneman Nilai-nilai Pendidikan Karakter melalui Mata Pelajaran Soiologi Kelas X di SMA N 5 Semarang. Skripsi. Semarang: Fakultas Ilmu Sosial UNNES

Raharjo, S.B. 2010. Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Menciptakan Akhlak Mulia: Balitbang Kemdiknas di Jakarta. Dalam Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 3: 229-238

Ritzer, George. Douglas J. Goodman. 2004. Teori Sosiologi Modern. Jakarta:Prenada Media Group.

Satria, A. 2011. Pelaksanaan Pendidikan Karakter di Pondok Pesaqntren Al-Itqon Semarang’. Skripsi. Semarang: Fakultas Ilmu Sosial UNNES

Setyowati, E. 2009. Pendidikan Budi Pekerti Menjadi Mata Pelajaran di Sekolah. Jurnal Lembaran Ilmu Pendidikan. 38(2): 148-154

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Triana, L. 2011. Pola Penerapan Pendidikan Karakter Siswa di SMA Negeri 3 Pati. Skripsi. Semarang: Fakultas Ilmu Sosial UNNES

Refbacks

  • There are currently no refbacks.