TINGKAT AFEKSI SISWA DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN SOSIOLOGI DENGAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING

Maryam Lamadirisi(1),


(1) Kampus Universitas Negeri Manado, Tondano, Sulawesi Utara 95618

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis tingkat afeksi siswa dalam mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian dilakukan terhadap  siswa kelas XII IPS SMA Negeri I Touluaan yang mendapatkan pelajaran Sosiologi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menemukan kesan siswa yang umumnya positif terhadap pembelajaran Sosiologi dengan menggunakan pendekatan CTL. Dampak positif di sini berarti bahwa pendekatan pembelajaran ini menarik dan tidak membosankan. Umumnya, siswa berpendapat bahwa pembelajaran sosiologi dengan pendekatan CTL memberikan arti signifikan karena apa yang dipelajari adalah tentang fenomena sosial yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Umumnya, siswa merasa senang, bahkan sangat menikmati model pembelajaran CTL. CTL membuat siswa menjadi aktif di kelas dan dapat memberikan pendapat sesuai dengan pengalaman mereka dalam kehidupan nyata di masyarakat.


The purpose of this study is to analyze the affection and enthusiasm of the students in Sociology learning using Contextual Teaching and Learning (CTL) strategy. Research is conducted on senior high school students from social studies class XII, SMAN I Touluaan, who has Sociology subject in its curriculum. Data collection was done by using observation, interview and documentation. This study found that students are generally give positive impression of sociology learning by using CTL approach. The positive impact here means that the learning approach is interesting and the participation is high. Generally, the students argued that the teaching of sociology with the CTL approach gives a significant meaning because it studies about the social phenomena that occur in everyday life. Generally, students feel happy, even enjoyed using CTL learning model. CTL enables students to be active in class and can give an opinion in accordance with their experience in real life in the community

Keywords

Affection; CTL approach.

Full Text:

PDF

References

Ali, M; Dkk (Penyunting). 2007. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Pedagogiana Press. Bandung.

Aqib, Z. 2008. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru. Bandung: Yrama Widya.

Brannen, J. 1997.Memadu Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Budimansyah. D. 2008. Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Penguatan Partisipasi Masyarakat. Pendidikan Dasar UPI. 2 (1) : 15-20

Costa, A L. (ed.). 1985. Developing Minds: a Resource Book for Teaching Thinking. Alexandria Virginia. Association for Supervision and Curriculum Development.

Gulo, W. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Grasindo.

Hamalik, O. 1995. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasan S.H. 1996. Pendidikan Ilmu Sosial. Jakarta: Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pendidikan Tenaga Akademik.

Insriani, H. 2011. Pembelajaran Sosiologi yang Menggugah Minat Siswa. Jurnal Komunitas. 3 (1): 108-125.

Koentjaraningrat. 2003. Pengantar Antropologi. Jakarta: Rineke Cipta.

Kartika, E. 2007. Pengembangan Strategi Pengajaran Konsep Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. Pendidikan dasar UPI. 5 (7) : 70-78

Kartono, K. 1983. Pengantar Metodologi Research Sosial. Bandung: Alumni.

Roerhaety, E, Dkk. 2006. Sistem Informasi Manajemen Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Ruhimat, M. Dkk. 2006. Ilmu Pengetahuan Sosial (Geografi, Sejarah, Sosiologi, Ekonomi).Untuk Kelas VII SMP. Bandung: Grafindo Media Pratama.

Soekanto, S. 2005. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Grafindo Persada.

Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Suparno, P. 1997. Filsafat Konstruktivisme Dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanius.

Suryabrata S. 1983. Metodologi Penelitian. Universitas Gadjah Mada. Jakarta: Radja Grafindo Persada

Trianto. 2007. Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.