The Socialization Model of National Character Education for Students in Elementary School Through Comic
(1) Department of Sociology and Anthropology, Faculty of Social Sciences, Semarang State University
(2) Department of Sociology and Anthropology, Faculty of Social Sciences, Semarang State University
(3) Department of Sociology and Anthropology, Faculty of Social Sciences, Semarang State University
Abstract
Menyadari pembangunan karakter siswa adalah tujuan pendidikan nasional. Pendidikan karakter sangat penting bagi para siswa. Oleh karena itu, sosialisasi dan enkulturasi pendidikan karakter bangsa di sekolah-sekolah dengan menggunakan metode yang efektif dan efisien diperlukan. Penelitian ini bertujuan untuk memahami proses sosialisasi pendidikan karakter di sekolah dasar, untuk menemukan cara yang efektif untuk model sosialisasi pendidikan karakter bangsa bagi siswa di sekolah dasar melalui komik, dan untuk menentukan dampak dari model sosialisasi pendidikan karakter bangsa bagi siswa di sekolah dasar melalui komik untuk membangun karakter siswa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif (Research & Development). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil menunjukkan bahwa sosialisasi pendidikan karakter bangsa di sekolah dasar ini dilakukan dengan beberapa cara, terintegrasi dengan subjek termasuk, melalui manajemen sekolah, dan melalui program ekstrakurikuler. Mereka cara tampaknya tidak menghasilkan hasil yang maksimal. Model Sosialisasi karakter nasional pendidikan di sekolah dasar melalui komik lebih efektif untuk diterapkan, karena siswa lebih tertarik pada visualisasi gambar yang menarik dan akrab.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Berger, P. & Luckmann, T. 1990. Tafsir Sosial atas Kenyataan: Risalah Tentang Sosiologi Pengetahuan. Jakarta: LP3ES.
Dreeben, R. 1968. On What is Learned in School, Reading. Mas: Addison-Wesley Publishing Company.
Gray, T. 2010. Character Education in Schools Jurnal ESSAI, 7 (21) College of Du Page. http://dc.cod.edu/essai/vol7/iss1/21
Haryono, B. 2013. Model Pendidikan Partisipatif Empat Pilar Bangsa bagi Integrasi Nasional. Jurnal Komunitas: Research & Learning in Sociology and Anthropology, 5 (2): 240-251
Lickona, T. 2012. Educating for Character: Mendidik Untuk Membentuk Karakter (terjemahan). Jakarta. Bumi Aksara.
Kemendiknas. 2010. Pembinaan Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Pertama. Jakarta
Koesoema, D. 2010. Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo.
Khan, D.Y. 2010. Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Diri: Mendongkrak Kualitas Pendidikan. Yogyakarta: Pelangi Publishing.
Widodo, T. 2013. Model Pembelajaran Peer Group Kontekstual untuk Penguatan Karakter. Jurnal Komunitas: Research & Learning in Sociology and Anthropology, 5 (2): 280-286
Wilardjo, L. 2010. Penjelasan Mata Kuliah Filsafat Ilmu di Program Doktor Islamic Studies. Semarang: Pascasarjana IAIN Wali Songo.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.