Development of E-Comic-Based Mathematics Teaching Materials on the Topic of Multiplication and Division with Realistic Mathematics Education (RME) Approach

Nurbaiti Widyasari, Anisa Nurcahyani

Abstract

The purpose of this study was to develop E-Comic-based mathematics teaching materials on the topic of multiplication and division with the Realistic Mathematics Education (RME) approach. This research is a research and development using the Hannafin and Peck development model. This model consists of three stages, namely needs assessment, design, development and implementation. The subjects in this study were students of class 3A SDN Pinang 2 Tangerang City. The results research obtained included 1) material expert validation got 95,38% with very valid criteria, 2) linguist validation got 87,5% with very valid criteria, 3) media expert validation got 97,5% with very valid criteria. Assessment of student responses 1) small group test got 95,41% with high criteria, 2) large group test got 99% with high criteria. Based on the results of the assessment, the E-Comic-based mathematics teaching materials developed are valid and can be used as additional teaching material for teaching the concept of multiplication and division.

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar matematika berbasis E-Comic pada topik perkalian dan pembagian dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan Hannafin dan Peck. Model ini terdiri atas tiga tahap, yaitu penilaian kebutuhan, desain, pengembangan dan implementasi. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas 3A SDN Pinang 2 Kota Tangerang. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian yang didapatkan antara lain 1) validasi ahli materi mendapatkan 95,38% dengan kriteria sangat valid, 2) validasi ahli bahasa mendapatkan 87,5% dengan kriteria sangat valid, 3) validasi ahli media mendapatkan 97,5% dengan kriteria sangat valid. Penilaian respon peserta didik 1) uji kelompok kecil mendapatkan 95,41% dengan kriteria tinggi, 2) uji coba kelompok besar, mendapatkan 99% dengan kriteria tinggi. Berdasarkan hasil penilaian tersebut maka bahan ajar matematika berbasis E-Comic yang dikembangkan valid dan dapat dijadikan sebagai bahan ajar tambahan untuk pengajaran konsep perkalian dan pembagian.

Keywords

Mathematics teaching materials; E-Comic; Multiplication and Division; Realistic Mathematics Education

Full Text:

PDF

References

Astuti. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Kartu DominoModifikasi Pada Mata Pelajaran IPA Materi Struktur Akar dan Batang Tumbuhan Untuk Siswa Kelas IV A SDN Caturtunggal 4. (DOCTORAL DISSERTATION, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta).

Budi, Cahyono, Romadiasari, & Maslikah. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran melalui E-Comic Berbasis Scientifik Approach pada Mata Pelajaran Matematika Materi Limit Fungsi. Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Unissula, 4(1), 71–83.

Fadillah, A. (2018). Pengembangan Media Belajar Komik Terhadap Motivasi Belajar Siswa. JTAM | Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 2(1), 36. https://doi.org/10.31764/jtam.v2i1.259

Fauziah, R., Reffiane, F., & Sukamto, S. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Materi Operasi Hitung Pembagian Pada Siswa Kelas 3 SDN Gebangsari 02. Jurnal Basicedu, 3(2), 838–843.

https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.177

Gazali, R. Y. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Matematika untuk Siswa SMP Berdasarkan Teori Belajar Ausubel. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidi-kan Matematika, 11(2), 182-192.

Guntur, M., Muchyidin, A., & Winarso, W. (2017). Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Matematika Bersuplemen Komik Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Tadris Matematika Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon. Eduma, 6(1), 43–51.

Kurnianti, S., Bennu, S., & Linawati, L. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Kelas V SD Negeri 8 Mamboro Palu Utara dalam Menyelesaikan Soal Perkalian dan Pembagian Pecahan. Jurnal El-ektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 4(4), 543–554.

Lestari, Wahyuni, & Yushardi. (2016). Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbasis Komik Pada Pokok Bahasan Gerak Di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Jember, 4(5), 564–572.

Lubis, M. S. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Topik Bilangan Dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Tarbiyah, 23(1), 101–123.

Maolani, & Cahyani. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan. Rajawali Pers.

Maskur, Permatasari, & Rakhmawati. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Rhythm Reading Vocal pada Materi Konsep Pecahan Kelas VII SMP. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 78–87.

Mujahadah, I., Alman, A., & Triono, M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Komik untuk Meningkatkan Hasil dan Minat Belajar Matematika Peserta Didik Kelas III SD Muhammadiyah Malawili. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(1), 8–15.

https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i1.758

Nadiroh, & Susilowibowo. (2018). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Akuntansi Perbankan Syariah Kelas XI Perbankan Syariah di SMK Negeri 1 Lamongan. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 6(3), 355–359.

Nuraini, E. (2020). Analisis proses matematisasi horizontal dan vertikal siswa dalam menyelesaikan soal PISA (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).

Nurhayati, Aswar, & Arifin. (2018). Komik Sebagai Media Pembelajaran Matematika Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Imajinasi, 2(2), 25–34.

Ramadana, S., Sumiyadib, & Kosasihc, E. (2019). The Development of Enrichment Book Based on Papaseng of Bugis Tribe in Short Story Learning at Senior High School. Kadera Bahasa, 11(2), 136–146.

Rohmah, N. (2016). Pengembangan bahan ajar matematika berbasis buku fabel berkarakter untuk meningkatkan hasil belajar tematik materi bangun datar kelas IV A SD Islam As-Salam Malang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Saidah, I. N., & Nugroho, M. A. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbentuk Permainan Edukasi Akuntansi Cari Kata (Acak) Menggunakan Adobe Flash CS5. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 13(1), 65-74.

https://doi.org/10.21831/jpai.v13i1.5190

Satriani. (2020). Pengembangan Student’s Work-sheet Penjumlahan dan Pengurangan Berbasis Taksonomi Bloom Dikaitkan dengan Matematika Realistik. (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Jakarta).

Sriwahyuni, Risdianto, & Johan. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Menggunakan Flip PDF Professional Pada Materi Alat-Alat Optik di SMA. Jurnal Kumparan Fisika, 2(3), 145–152.

Suharno. (2017). Pengembangan Alat Peraga Matematika Materi Pembagian untuk Anak dengan Berkesulitan Belajar Matematika (DISKALKULIA) di SD Negeri Mertelu. (Doctoral dissertation, Universitas Sanata Dharma).

Sungkono. (2009). Pengembangan Dan Pemanfaatan Bahan Ajar Modul Dalam Proses Pembelajaran. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 5(1).

Sutrisno. (2018). Pengembangan Komik IPA Fisika Sebagai Media Pembelajaran Peserta Didik Pokok Bahasan Gerak. (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung).

Syafa'ah, A. (2014). Pengembangan bahan ajar berbasis cerita bergambar/komik materi pokok konsep pembagian dengan pendekatan inquiry siswa kelas III SDN Jatimulyo II Malang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Tegeh, J., & Pudjawan. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Graha Ilmu.

Wahyuni, & Yolanda. (2017). Mental Calculation Berupa Strategi Stringging Siswa Pada Materi Perkalian Dengan Pendekatan Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik Indonesia di Kelas 3 SD Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 3(2), 137–146.

Wulandari. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbentuk Komik Perkalian (KOPER) Untuk Mengatasi Miskonsepsi Perkalian Pada Siswa Kelas II SD Plus Sunan Pandanaran Blitar. (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Ibrahim Malik).

Yusmanita, S., Ikhsan, M., & Zubainur, C. M. (2018). Penerapan Pendekatan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Operasi Hitung Perkalian. Jurnal Elemen, 4(1), 93-104.

https://doi.org/10.29408/jel.v4i1.469

Refbacks

  • There are currently no refbacks.