Development of Arithmetic Rows and Series Learning Media in Malay Islam Context

Rendi Saputrama, Yuli Fitrianti, Feli Ramury

Abstract

This study aims to produce computer-based mathematics learning media using the Adobe Animate CC application on arithmetic sequences and series material in the context of Malay Islam with valid and prismatic categories. This type of research is design research in the development study section of the Akker method with the Tessmer procedure which consists of a preliminary stage and a prototyping stage with a formative evaluation flow (self-evaluation, one-to-one, small group, and field test stages). The research subjects were students of class XI MA Aulia Cendekia Palembang. The results show that the learning media developed is valid and practical.

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran matematika berbasis komputer menggunakan aplikasi Adobe Animate CC pada materi barisan dan deret aritmetika dalam konteks Islam Melayu dengan kategori valid dan priaktis. Jenis penelitian ini adalah design research pada bagian development study metode Akker dengan prosedur Tessmer yang terdiri dari tahap preliminary dan tahap prototyping dengan alur formative evaluation (tahap selft evaluation, one-to-one, small group, dan field test). Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MA Aulia Cendekia Palembang. Hasil menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan valid dan praktis.

Keywords

Learning Media; Arithmetic Rows and Series; Malay Islam

Full Text:

PDF

References

Abdullah, F.S & Yunianta, TNH. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Trigo Fun Berbasis Game Edukasi Menggunakan Adobe Animate Pada Materi Trigonometri. Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro, 7 (3), 434-443.

Akker, J.; Bannan, B., Kelly, A. E., Nieveen, N., & Plomp, T. (2013). When is design research appropirate? Educational Design Research. Netherlands: international.slo.nl.

Alwi, S. (2017). Problematika Guru Dalam Mengembangkan media pembelajaran. Jurnal ITQAN, 8 (3), 145-166

Cahyanindya, B. A., & Mampouw, H. L. (2020). Pengembangan Media Puppy Berbasis Adobe Flash CS6 Untuk Pembelajaran Teorema Pythagoras. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 396–405.

Choirunniswah. (2018). Tradisi Ruwahan Masyarakat Melayu Palembang Dalam Perspektif Fenomenologis. TAMADDUN: Jurnal Kebudayaan Dan Sastra Islam, 18(2), 69–86.

Cholifah, S. N., Rahayu, W., & Meiliasari, M. (2021). Pengembangan Aplikasi Berbasis Android menggunakan Adobe Animate CC dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) sebagai Media Pembelajaran pada Materi Bentuk Aljabar untuk Siswa SMP Kelas VII. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 5(1), 64–73.

Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan Media Pembelajaran. Jurnal Lingkaran Widyaiswara, 6(2), 402–416.

Faruq, F., Dafik, Suharto, Fatahillah, A., & Murtikusuma, R. P. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Onlie Pokok Bahasan Barisan Aritmetika Berbantuan Microsoft Visual Basic. Kadikma, 9(2), 89–97.

Huda, K. (2016). Islam Melayu Dalam Pusaran Sejarah Sebuah Transformasi Kebudayaan Melayu Nusantara. Jurnal Toleransi: Media Komunikasi Umat Beragama, 8(1), 26–34.

Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat. (2021, Juli 5). Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat. Diambil kembali dari Kalender Jawa Sultan Agungan: https://www.kratonjogja.id/ragam/21/kalender-jawa-sultan-agungan

Kemenag RI. (2021, Juli 5). Simas Kemanag. Diambil kembali dari Masjid Agung Palembang: https://simas.kemenag.go.id/index.php/profil/masjid/30/

Mendikbud. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah, 2011, 1–13.

Murtikusuma, R. P., Fatahillah, A., Oktavianingtyas, E., Hussen, S., & Lailiya, N. (2019). The Development Of Interactive Mathematics Learning Media Based On Schoology And Visual Basic Through Industrial Revolution 4.0. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 243(1), 1–6.

Noviza, N., & Kassim, A. H. bt M. (2018.). Model Permainan Tradisional Masyarakat Islam Melayu Sumatera Selatan Dalam Mereduksi Kecendrungan Anak Bermain “Skip Challengge”. Wardah, 19(01), 103-121.

Nur, N., Rusli, & Dassa. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika pada Materi Barisan dan Deret Aritmatika. Issues in Mathematics Education, 2(1), 43–48.

Saniriati, D. M. D., Dafik, D., & Murtikusuma, R. P. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Adobe Animate Berbantuan Schoology Pada Materi Barisan dan Deret Aritmetika. Jurnal Riset Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM), 4(2), 132.

Saputra, R., Thalia, S., & Gustiningsi, T. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komputer Dengan Adobe Flash Pro Cs6 Pada Materi Luas Bangun Datar. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 67–80.

Tessmer, M. (1993). Planning and Conducting Formative Evaluations: Improving the Quality of Education and Training. London: Kogan Page.

Ulfa, Yoshe Larissa, D. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis ICT pada Pokok Bahasan Lingkaran Untuk Siswa Kelas VIII SMP/MTS. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 3(2), 1–10.

Wibawanto, W. (2017). Desain dan Pemrograman Media Pembelajaran Interaktif. Jawa Timur: Cerdas Ulet Kreatif.

Wirdanengsih, W. (2019). Makna Dan Tradisi-Tradisi Dalam Rangkaian Tradisi Khatam Quran Anak-Anak Di Nagari Balai Gurah Sumatera Barat. Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 5(1), 9

Zahroh, A., Abidin, Z., & Nursit, I. (2019). Pengembangan E-Modul Matematika Interaktif Berbasis Adobe Animate Cc Pada Materi Aritmetika Sosial Kelas VII SMP. Jurnal Penelitian, Pendidikan, Dan Pembelajaran, 14(7), 123–129.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.