ANALISIS KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA KELAS V SD PILOT PROJECT KURIKULUM 2013 DI KOTA SEMARANG

Khusnul Fajriyah, Ferina Agustini(1),


(1) Universitas PGRI Semarang, Universitas PGRI Semarang

Abstract

Implementasi kurikulum 2013 berlanjut pada sekolah-sekolah pilot project yang ditunjuk pemerintah sejak awal pemberlakuan atas pertimbangan kesiapan. Kurikulum 2013 diharapkan dapat memfasilitasi pengembangan keterampilan berpikir siswa menuju ke level yang lebih tinggi melalui pendekatan saintifik. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data secara terperinci tentang bagaimana kemampuan siswa SD kelas V SD pilot project kota Semarang dalam menerapkan keterampilan berpikir tingkat tinggi sesuai dengan kompetensi. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik statistik deskriptif yang diarahkan untuk menggambarkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa melalui perhitungan skor, mean, persentase dan penyajian data melalui tabel, dan diagram. Hasil penelitian menjukkan bahwa keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa SD kelas V pilot project Kurikulum 2013 berada pada kategori kurang. Hal ini dapat dilihat dari pencapaian siswa pada setiap indikator HOTs. Kemampuan mengklasifikasi dan induksi siswa berada pada level cukup. Sedangkan kemampuan deduksi, analisis kesalahan, analisis Perspektif, membuat keputusan,        pengalaman,  pemecahan masalah penemuan yang dimiliki siswa berada pada level rendah.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.