PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TANGGUNG JAWAB PRIBADI DAN SOSIAL BERBASIS LESSON STUDY UNTUK MENGUATKAN KARAKTER KONSERVASI DAN MENINGKATKAN HASIL BELAJAR
(1) Universitas Negeri Semarang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) menghasilkan model pembelajaran Tanggung Jawab Pribadi dan Sosial berbasis lesson study yang efektif mampu menguatkan karakter konservasi dan meningkatkan hasil belajar, (2)
menemukan tingkat efektivitas model pembelajaran Tanggung Jawab Pribadi dan Sosial berbasis lesson study dalam menguatkan karakter konservasi, (3) menemukan tingkat efektivitas model pembelajaran Tanggung
Jawab Pribadi dan Sosial berbasis lesson study dalam meningkatkan hasil belajar dalam perkuliahan Pengembangan Kurikulum Muatan Lokal di PGSD Universitas Negeri Semarang. Penelitian ini merupakan
penelitian terapan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini antara lain : 1) penelitian tindakan kelas, dan 2) metode Delphi. Prosedur Penelitian Tindakan Kelas yang ditempuh untuk setiap siklus meliputi :
a) perencanaan tindakan, b) pelaksanaan tindakan, c) observasi tindakan, dan d) evaluasi dan refleksi tindakan. Setelah melalui serangkaian kegiatan review dan revisi, hasilnya yaitu model pembelajaran Tanggung Jawab
Pribadi dan Sosial berbasis lesson study disempurnakan dengan metode Delphi. Teknik pengumpulan data menggunakan : (1) wawancara, (2) studi dokumentasi, (3) observasi, (4) skala sikap kepribadian, (5) tes prestasi
belajar. Teknik analisis analisis data menggunakan: (1) Teknik Delphi, (2) Analisis Kualitatif, (3) Analisis Deskriptif, (4) Teknik t-test dan Uji perbandingan Mean. Hasil penelitian ini menunjukkan : (1) model
pembelajaran Tanggung Jawab Pribadi dan Sosial berbasis lesson study yang efektif memiliki langkah-langkah : (a) tahapan perencanaan, (b) tahapan pelaksanaan, yang memiliki 6 langkah yaitu : orientasi, partisipasi,
pengerahan tingkatan diri (self direction), caring, refleksi, dan evaluasi, (c) tahapan refleksi, (d) tahapan tindak lanjut, (2) model pembelajaran Tanggung Jawab Pribadi dan Sosial berbasis lesson study mampu
meningkatkan hasil belajar, skor rata-rata hasil belajar siklus 1 sebesar 78,6176 artinya baik, dan siklus 2 sebesar 86,2941 artinya sangat baik, yang signifikan pada taraf kebenaran 95% dengan t hitung = 16,617 dan t
probabilitas 8,61633, (3) model pembelajaran Tanggung Jawab Pribadi dan Sosial berbasis lesson study mampu menguatkan karakter konservasi mahasiswa, skor rata-rata penguatan karakter konservasi siklus 1 sebesar 51,2941 artinya baik, dan siklus 2 sebesar 59,6176 artinya sangat baik, yang signifikan pada taraf kebenaran 95% dengan dengan t hitung = 25,727 dan t probabilitas 8,98175.
menemukan tingkat efektivitas model pembelajaran Tanggung Jawab Pribadi dan Sosial berbasis lesson study dalam menguatkan karakter konservasi, (3) menemukan tingkat efektivitas model pembelajaran Tanggung
Jawab Pribadi dan Sosial berbasis lesson study dalam meningkatkan hasil belajar dalam perkuliahan Pengembangan Kurikulum Muatan Lokal di PGSD Universitas Negeri Semarang. Penelitian ini merupakan
penelitian terapan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini antara lain : 1) penelitian tindakan kelas, dan 2) metode Delphi. Prosedur Penelitian Tindakan Kelas yang ditempuh untuk setiap siklus meliputi :
a) perencanaan tindakan, b) pelaksanaan tindakan, c) observasi tindakan, dan d) evaluasi dan refleksi tindakan. Setelah melalui serangkaian kegiatan review dan revisi, hasilnya yaitu model pembelajaran Tanggung Jawab
Pribadi dan Sosial berbasis lesson study disempurnakan dengan metode Delphi. Teknik pengumpulan data menggunakan : (1) wawancara, (2) studi dokumentasi, (3) observasi, (4) skala sikap kepribadian, (5) tes prestasi
belajar. Teknik analisis analisis data menggunakan: (1) Teknik Delphi, (2) Analisis Kualitatif, (3) Analisis Deskriptif, (4) Teknik t-test dan Uji perbandingan Mean. Hasil penelitian ini menunjukkan : (1) model
pembelajaran Tanggung Jawab Pribadi dan Sosial berbasis lesson study yang efektif memiliki langkah-langkah : (a) tahapan perencanaan, (b) tahapan pelaksanaan, yang memiliki 6 langkah yaitu : orientasi, partisipasi,
pengerahan tingkatan diri (self direction), caring, refleksi, dan evaluasi, (c) tahapan refleksi, (d) tahapan tindak lanjut, (2) model pembelajaran Tanggung Jawab Pribadi dan Sosial berbasis lesson study mampu
meningkatkan hasil belajar, skor rata-rata hasil belajar siklus 1 sebesar 78,6176 artinya baik, dan siklus 2 sebesar 86,2941 artinya sangat baik, yang signifikan pada taraf kebenaran 95% dengan t hitung = 16,617 dan t
probabilitas 8,61633, (3) model pembelajaran Tanggung Jawab Pribadi dan Sosial berbasis lesson study mampu menguatkan karakter konservasi mahasiswa, skor rata-rata penguatan karakter konservasi siklus 1 sebesar 51,2941 artinya baik, dan siklus 2 sebesar 59,6176 artinya sangat baik, yang signifikan pada taraf kebenaran 95% dengan dengan t hitung = 25,727 dan t probabilitas 8,98175.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.