SOSIALISASI RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) TEMATIK TERPADU MEGINTEGRASIKAN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKER (PPK), LITERASI, dan HOTS PADA GURU SD DI KOTA SEMARANG

Sri Sulistyorini, Desi Wulandari, Ali Sunarso, Zaenal Abidin(1),


(1) Univrsitas Negeri Semarang

Abstract

Pemberdayaan  kualitas pembelajaran guru-guru SD di kota Semarang dalam implementasi Kurikulum 2013 untuk menghantarkan siswa SD ke Abad 21 memerlukan keterampilan dan kreatifitas yang tinggi dalam membuat perangkat pembelajaran tematik Rencana Pelaksanaan Pembelajarn (RPP) yang mengintegrasikan Literasi, Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), HOTS dan 4 C  yang merupakan keterampilan yang perlu dikembangkan untuk menyongsong abad 21. Untuk itu kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan mensosialisasikan  perangkat pembelajaran  tematik  (RPP) yang mengintegrasikan Literasi, Penguatan Pendidikan Karakter (PPK)   dan Higher Order Thinking Skill (HOTS) untuk mengembangkan berfikir kritis dan karakter  siswa SD abad 21. Perangkat pembelajaran yang akan disosialisasikan  terdiri dari silabus terintegrasi Literasi, PPK, dan HOTS, RPP terintegrasi Literasi, PPK, dan HOTS. Kegiatan pengabdian dilaksanakan dengan metode  brain storming,  ceramah, diskusi, demonstrasi, penugasan dan pendampingan. Metode ceramah dan brain storming untuk menjelaskan dinamika perubahan kurikulum 2013 yang terdiri konsep kurikulum 2013 dan regulasinya, PPK, Literasi dan HOTS, kegiatan ini akan meningkatkan sikap,pemahaman  dan keterampilan. Metode dikusi, demontrasi, penugasan dan pendampingan diharapkan menghasilkan RPP yang mengintegrasikan Literasi, PPK dan HOTS yang sangat bermanfaat pada peningkatan kualitas pembelajaran untuk mencapai KD dari KI-1 asek sikap spiritual, KD dari KI-2 aspek  sikap social, KD dari KI-3 aspek pengetahuan dan KD dari KI- 4 aspek keterampilan. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat:1) Rerata hasil tes akhir sebesar 82, 46 lebih tinggi dari pada hasil tes awal sebesar 48,65; 2) Sebanyak 80% dari peserta keterampilan pengembangan RPP terintegrasi literasi, PPK dan HOTS meningkat, 20% selebihnya masih perlu pendampingan  dalam pengembangan RPP terintegrasi literasi, PPK dan HOTS.  Disimpulkan bahwa sosialisasi RPP terintegrasi literasi, PPK dan HOTS  kepada guru kelas, Kepala Sekolah,pengawas sekolah di SD Gugus Diponegoro UPTD Pendidikan Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang adalah berhasil.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.