EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING) DALAM PENGEMBANGAN KUALIFIKASI AKADEMIK DAN KOMPETENSI GURU

E. Kosasih(1),


(1) Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia

Abstract

Kemampuan lembaga pendidikan tinggi keguruan (LPTK) di dalam menghasilkan guru yang profesional pertama-tama diukur dari kecakapan untuk melaksakan tugasnya sebagai tenaga kependidikan. Peran guru yang strategis itu menyiratkan makna bahwa upaya untuk menyiapkan tenaga guru yang berkualitas harus dilakukan melalui mekanisme yang berstandar, terkontrol, dan teruji. Oleh karaena itu, kami melakukan penelitian tindakan dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek di dalam mengembangkan profesionalisme guru sebagai tenaga pendidik. Melalui model tersebut para guru (peserta pelatian) dapat belajar lebih efektif dan lebih sistematis karena proses yang mereka lakukan langsung berdasarkan masalah dan kebutuhan-kebutuhan nyata yang mereka hadapi di lapangan.

The ability of higher education institutions to produce professional teachers is first measured by the ability to perform their duties as educational personnel. Such strategic role of the teacher implies, that the effort to prepare qualified teachers should be done through a standardized, controlled, and tested mechanism. Therefore, we conduct research action using a project based learning model in developing teacher professionalism as an educator. Through the model the teachers (trainees) can learn more effectively and more systematically because the process they do directly based on the problems and real needs they face in the field.

Keywords

project-based learning, academic qualification, teachers competency

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.