KEEFEKTIFAN MODEL ROLE PLAYING PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V DENGAN BERMAIN WAYANG TERHADAP KEMAMPUAN INTERPERSONAL ANAK DAN KETERAMPILAN BERCERITA

Ikha Listyarini, Yopy Mayda Intan Pertiwi

Abstract


Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya kemampuan interpesrsonal anak dan keterampilan bercerita yang disebabkan kurangnya pembelajaran yang efektif dalam mengoptimalkan kemampuan dan keterampilan.Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model Role Playing dengan bermain wayang pada materi drama kelas V SD Negeri 02 Klapasawit Purbalingga dilihat pada kemampuan interpersonal anak dan keterampilan bercerita serta ketuntasan belajar siswa. Sampel yang diambil adalah 39 siswa kelas VA dan VB dengan menggunakan teknik random sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Berdasarkan hasil uji t kemampuan interpersonal diketahui t lebih dari t yaitu 8,3183747 > 1,678. Sedangkan untuk uji t keterampilan bercerita diketahui t tabel hitung lebih dari t yaitu 7,13149 > 1,678. Hasil ketuntasan belajar individu untuk siswa kelas kontrol di atas 65% dengan ketuntasan belajar individu tertinggi sebesar 91% dan terendah sebesar 73% dan untuk kelas eksperimen ketuntasan belajar individu di atas 65% dengan ketuntasan belajar individu tertinggi 95% dan terendah 81%. Ketuntasan belajar klasikal untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 85% yaitu 96%. Disimpulkan bahwa melalui penerapan model Role Playing dengan bermain wayang dapat mencapai ketuntasan belajar. Selanjutnya hasil uji t dapat disimpulkan bahwa model Role Playing dengan bermain wayang pada pembelajaran Bahasa Indonesia efektif terhadap kemampuan interpersonal anak dan keterampilan bercerita.

This research background is the low ability interpesrsonal children and storytelling skills due to lack of effective learning in optimizing the capabilities and skills. Goals to be achieved in this research is to determine the effectiveness of the model Role Playing with puppets playing the drama material class V SD Negeri 02 Klapasawit Purbalingga as seen the interpersonal skills of children and storytelling skills and mastery learning students. Samples taken were 39 students of class VA and VB using random sampling techniques. The data in this study are obtained through observation, interviews, documentation, and testing. Based on t-test results are known interpersonal skills t hitung more than t is 8,3183747>1,678. Beside for the t test known tcount storytelling skills t hitung more than t tabel is 7,13149>1,678. The results of individual mastery learning for grade control over 65% with the highest individual learning completeness of 91% and the lowest is 73% and for the experimental class learning completeness of individuals above 65% with the highest individual learning completeness 95% and the lowest 81%. Mastery learning classical to experimental class and control class is 85% ie 96%. It is concluded that through the application of models Role Playing with a puppet play can achieve mastery learning. Furthermore, the t test results can be concluded that the model Role Playing with a puppet play in learning Indonesian effectively against child interpersonal skills and storytelling skills.


Keywords


role playing, wayang, interpersonal skills

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.