Aspek Moralitas dalam Anime Captain Tsubasa melalui Penggunaan Tindak Tutur Asertif dan Ekspresif

Ferdian Achsani

Abstract


Penelitian ini termasuk penelitian diskripptif kualitatif yang mana objek dalam  penelitian ini adalah dialog antar tokoh dalam serial anime captain Tsubasa. Captain Tsubasa merupakan anime jepang yang sudah mengalami remake selama tiga kali. Serian anime Captain Tsubasa menceritakan tentang kisah kegigihan para pemain sepak bola, untuk meraih kemenangan dalam turnamen nasional yang diadakan di jepang. Hal yang menarik dari serial anime ini adalah tidak adanya unsur kekerasan, dan banyak ditemukan pesan moral. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan aspek moralitas yang terdapat dalam anime captain Tsubasa, melalui percakapan dialog antar tokoh yang dikaji dari segi tindak tutur asertif dan ekspresif. Melalui tindak tutur asertif dan ekspresif yang di sampaikan dalam cerita, banyak ditemukan beberapa pesan moral di dalamnya seperti: pantang putus asa, percaya diri, bersahabat, menghargai prestasi orang lain.


Keywords


Moral; Assertive; Expressive

References


Arieska, A. (2016). Pengaruh Tayangan Kekerasan Dalam Serial Kartun Naruto Terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia 9-12 Tahun Di Kelurahan Rappang Kec . Panca Rijang. UIN Alauddin Makassar.

Darmadi, H. (2009). Dasar dan Konsep Pendidikan Moral. Bandung: Alfabeta.

Imbowati, D. I., Hari, B. M., & Bambang, I. (2018). Kesantunan Tuturan Penyiar Radio Erte Fm Temanggung. Lingua, 2(21).

Inderasari, E., & Ferdian, A. (2018). Styles Of Repetition And Comparison Moral Message In Koplo Gener Dangdut Song. Gramatika, 4(2).

Is, M. J. (2017). Analisis Pesan Mor Al Dalam Novel ”Menebus Impian” Karya Abidah El Khalidy. Jurnal Ilmiah Sains, Teknologi, Ekonomi, Sosial Dan Budaya, 1(2), 1–8.

Kurniawan, H., Herman, J. W., Sarwiji, S., & Budhi, S. (2018). Kepribadian Moral Ideal Anak dalam Cerita Anak pada Majalah Bobo dan Harian Kompas. Lingua, 2(21).

Madyananda, U., & Yaryati, U. (2017). Nilai Pendidikan Novel Padang Bulan serta Pemanfaatannya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2 September), 63–68.

Muhammad. (2014). Metode Penelitian Bahasa. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Muplihun, E. (2016). Nilai Moral dalam Dwilogi Novel Saman dan Larung Karya Ayu Utami. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, Volume 1(Nomor 2 September), 58–64.

Ratna, N. K. (2014). Peran Karya Sastra, Seni, Dan Budaya Dalam Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rohmadi, M. (2004). Pragmatik: Teori dan Analisi. Yogyakarta: Lingkar Media.

Rohmawati, A. (2018). Tindak Tutur Ekspresif Dalam Percakapan Grup Whatsapp Dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia. Pesona, 4(1), 99–113.

Santosa, R. (2017). Metode Penelitian Kualitatif Kebahasaan. Surakarta: UNS press.

Soepomo Poedjo, S., & Sumarlam. (2011). Studi Pemakaian Tindak Direktif di Kalangan Anak SD Bahasa Jawa. Surakarta: Muhamaddiyah University Press Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Yule, G. (2014). Pragmatics. Oxford University Press (Terjemahan Bahasa Indonesia oleh Indah Fajar Wahyuni (2006). . Pragmatik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.