Efektivitas Strategi Information Charts dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi

Meidisya Isnaini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan strategi Information Charts dalam pembelajaran menulis teks eksposisi pada siswa kelas 8 SMP N 12 Yogyakarta. Penelitian berjenis quasi eksperimen ini menggunakan pretest posttest control group design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik simple random sampling. Data dianalisis menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi 5% (0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi Information Charts efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks eksposisi siswa kelas 8 SMP Negeri 12 Yogyakarta.


Keywords


efektivitas, strategi, information charts, eksposisi

References


Assaf, LC., Ash, G.k, Saunders, J., et al. (2011). Renewing Two Seminal Literacy Practices: I-Charts And I-Search Papers. Voices from the middle. 18, 31- 42.

Graham, S., & Hebert, M. (2011). Writing-to-read: A meta-analysis of the impact of writing and writing instruction on reading. Harvard Educational Review, 81, 710–744.

Hall. K. M., Sabey, B. L., & McClellan, M. (2005). Expository Text Comprehension: Helping Primary-Grade Teachers Use Expository Texts To Full Advantage. Journal Reading Psychology, 26, 211-234.

Hoffman, J.V. (1992). Critical Reading/Thinking Accros The Curriculum: Using Ic Harts To Support Learning. Language Arts, 69, 121-127.

Jauhari, Heri. (2013). Terampil Mengarang. Bandung: Nuansa Cendekia.

Mertens, Nathan L. (2010). Writing Processes, Tools, And Techniques. New York: Nova Science Publishers Inc.

Montelongo, J., Herter. J. R.. Ansaldo, R., & Hatter, N. (2010). A Lesson Cycle For Teaching Expository Reading And Writing. Journal of Adolescent & Adult Literacy. 53, 656-666.

Randall, S.N. (1996). Information Charts A Strategy For Organizing Student Research. Journal of Adolescene & Adult Literacy, 536-542.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.