POTRET INVESTASI PEREMPUAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL: STUDI ECOFEMINISM NOVEL PRIMADONA KARYA AHMAD MUNIF

U’um Qomariyah(1),


(1) Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang, Indonesia

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan ekofeminisme untuk melihat kaitan perempuan dengan kearifan lokal, salah satunya terkait dengan budaya itu sendiri. Dari hasil pembahasan dideskripsikan bahwa potret berbasis kearifan lokal yang terdapat dalam novel Primadona karya Ahmad Munif, meliputi; menjadi bagian dari perkumpulan budaya, bekerja maksimal, pemertahanan dalam pelestarian, dan memberikan motivasi. Adapun faktor yang mendorong perempuan berinvestasi diantaranya faktor kelangsungan hidup, faktor kesadaran berkesenian, faktor rasa memiliki, dan faktor rasa menghargai. Saran yang dapat direkomendasikan adalah hendaknya bisa dilakukan penelitian dalam kaitannya dengan investasi yang dilakukan laki-laki dan diterapkan dalam bidang yang lain sehingga kajian menjadi lebih seimbang. Hal ini tentu saja bisa dilihat dari pendekatan yang lain, tidak hanya dari pendekatan ekofeminisme.

 


This study used  an ecofeminism approach to see  the relationships between women and  local wisdom, one  of which   relates with the culture itself.  The study suggests that the portrait based on  the local wisdom   in  Primadona  novel  written by Ahmad Munif  shows the part of cultural society,   working optimally, maintaining conservation, and giving motivation. The  factors that encourage women to invest,  among others,  are  sustainability of life, awareness  of  art activities,  sense of belonging, and respect . This research recommends that the research relating with the investment done by men and  applied in other fields is needed so that the discussion would be balance.  Further, other approaches, in addition to ecofeminism, can be employed in the study.

Keywords

ecofeminism, investment, culture, local wisdom

Full Text:

PDF

References

Anderson, M. H. 1988. Thinking About Women: Sociological and Feminist Persfektives. New York: Macmillang Publicing Co inc.

Azizah, Lisa. 2008. Perspektif Gender dalam Novel Perempuan di Titik Nol Karya Nawal El-Saadawi: Tinjauan sastra Feminis.Skripsi: Universitas Negeri semarang. Tidak Dipublikasikan.

Ilyas, Yunahar. 2006. Kesetaraan Gender dalam Al-Qur’an, Studi Pemikiran Para Mufasir. Yogyakarta: Labda Press.

Kayam,Umar. 1988. “Memahami Roman Indonesia Modern sebagai Pencerminan Ekspresi dan Masyarakat dan Budaya Indonesia. Suatu Refleksi†dalam Menjelang Teori dan Kritik Susastra Indonesia yang Relevan. Bandung: Angkasa.

Malawat, Insum. 2007. Citra Perempuan dalam Novel Namaku Teweraut Karya Ani Sekarningsih: Tinjauan Kritik Sastra Feminis. Tesis: Universitas Gadjah Mada.

Munif, Achmad. 2002. Primadona. Yogyakarta: Gita Nagari.

Qomariyah, U’um. 2004. Male Feminist dalam Novel Primadona Karya Achmad Munif. Skripsi: Universitas Negeri Semarang.

Ruthven, K.K. 1990. Feminist Literaty Studies: An Introduction. Cambridge: Cambridge University Press.

Shiva, Vandana dan Maria Mies. 2005. Ecofeminism Perspektif Gerakan Perempuan dan Lingkungan. Yogyakarta: IRE Press.

Welsh, Sandy. 1999. Gender and Sexual Harrasment. Jurnal Internasional. Diunduh 5 Mei 2011.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.