PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN KEMAHIRAN BERBAHASA ARAB DI MADRASAH IBTIDAIYAH

Hikmah Maulani

Abstract


Penelitian ini membahas tentang berbagai problematika dalam pembelajaran kemahiran berbahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi, mendsekripsikan, dan menganalisis problematika pembelajaran kemahiran berbahasa Arab di kelas V semester 2 di MI Ciwahangan Ciamis tahun ajaran 2013/2014. Dalam pelaksanaannya, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif. Sampel yang digunakan yaitu siswa kelas V MI Ciwahangan Ciamis yang berjumlah 17 siswa. Pengumpulan data yang dilakukan peneliti yaitu berupa observasi terstruktur, wawancara mendalam, dokumentasi dan melakukan triangulasi untuk mencari keabsahan data yang diperoleh. Hasil penelitian ini yaitu materi ajar bahasa Arab kelas V MI secara garis besar sesuai dengan kurikulum yang digunakan, namun ditinjau dari segi kemampuan belajar siswa, materi terlalu tinggi dan rumit untuk dijangkau siswa. Metode yang cenderung kurang efektif jika ditinjau dari segi perkembangan peserta didik. Media cenderung kurang inovatif dan kreatif jika ditinjau dari segi perkembangan peserta didik. Secara garis besar evaluasi dilakukan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.

This study discusses the various problems in the learning of Arabic language proficiency in Elementary School. The purpose of this study is to identify and analyze the problems of learning Arabic language proficiency in the second semester of grade V of MI Ciwahangan school year 2013/2014. In its implementation, the researchers applied a qualitative approach with descriptive analysis. The sample used is the Grade V of MI Ciwahangan consisting of 17 students. Data collection is conducted by researchers in the form of structured observation, deep interviews, documentation, and triangulation to find out validity of the data obtained. The results of this study show that Arabic teaching materials of grade V of MI broadly correspond to the curriculum applied. However, from students' learning abilities, the materials are too difficult and complicated for students to be reached. If it is seen from the development of learners, the method of teaching tends to be less effective, and the media tend to be less innovative and creative. The evaluation is generally done based on the determined learning objectives.


Keywords


language proficiency, elementary school, problems in the learning.

References


Al-Hafidz, M. 1412 H. Mudzakarah Al-Daurat Al-Tarbiyah Al-Qashirah. Arab Saudi: Jami' Imam Su'ud Al-Islamiyah.

Al-Fauzan, H. 2011. Idhoat Li Mualim Al-Lughah Al-Arabiyah Li Ghairi Nathiqina Biha. Riyadh: Al-Hamidhi

Al-Gali, A. dan Abdullah, A.H. 2012. Menyusun Buku Ajar Bahasa Arab. Padang: Akademia Permata

Al-Naqah, M. 1985. Ta'lim Al- Lughah Al-Arabiyah Linathiqina Biha Bilugoti Ukhra-Asasuhu-Madakhiluhu- Thuruq Tadrisihi. Mekkah : Universitas Ummul Qura.

Arsyad, A. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Pers.

Desmita. 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Djamarah, S. 2011. Psikologi Belajar. Bandung: Rineka Cipta

Fachrurrozi, A, dan Mahyuddin, E. 2012. Teknik Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung : Pustaka Cendikia Utama.

Freeman. 2008. Techniques and Principles in Language Teaching. Oxford:Oxford University Press.

Hamalik, O. 2010. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Iskandarwassid dan Suhendar. 2011. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung : PT Remaja Rosakarya

Riyana, C. (tt). Komponen-komponen Pembelajaran.

Tersedia :file.upi.edu/.../Komponen_Pembelajaran.pdf.(secured) (diunduh 12 Februari 2014).

Syafei, I. 2011. Model Pembelajaran untuk Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Arab. Bandung : UPI. Desertasi

Zukarnaini. 2011. Model Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi dan Berpikir Kritis. 2. 144-153. ISSN 1412-565 X (24 Desember 2013)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.