PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPENDAPAT MAHASISWA MELALUI PROBLEM BASED LEARNING (PBL)

Ahmad Syaifudin, Septina Sulistyaningrum

Abstract


Rasa malu atau kecemasan mahasiswa menjadi kendala utama setiap individu untuk berkomunikasi, termasuk berpendapat. Karena itu, melalui problem based learning (PBL) mahasiswa termotivasi untuk berpikir secara kritis dan analitik sehingga kemampuan berpendapat meningkat. Desain penelitian ini dilaksanakan melalui lesson study (LS) yang terdiri atas tahap plan, do, dan see. Hasil kajian ini dinyatakan bahwa ada dua faktor yang menyebabkan rendahnya kemampuan mengemukakan pendapat, yakni kecemasan (takut) dan kemampuan memahami konsep materi yang rendah. Akan tetapi, melalui model PBL dengan sistem LS, rasa takut mahasiswa dapat dikikis. Pemahaman mahasiswa dalam konsep materi menjadi meningkat. Peningkatan itu diimbangi dengan peningkatan kemampuan mengemukakan pendapat sebanyak 91% dari jumlah mahasiswa yang terlibat dalam pembelajaran.


This research aims to motivate students to think critically and analytically, through Problem-based Learning, thus, their ability to give argument increases. It needs to do since the students shyness and anxiety becomes major obstacles for each individual both to communicate and to give argument. Research design is done through Lesson Study having three stages; they are plan, do, and see. Result of this investigation shows that there are two factors causing the decrease of students ability to give argument. They are their anxiety (fear) and their low ability to understand subject matter concept. But, through Problem-based Learning with Lesson Study system, the students fear can be eliminated. The students understanding of subject matter concept also increases. This increase is balanced by the increase of students ability to give argument up to 95% of a number of students involved in this learning.



Keywords


Ability to give argument, Problem-based Learning (PBL)

References


Chang, Pei-Fei., dan Shu-San Hsiau. 2002. Implementation of an Innovative Curriculum to Cultivate Technological Creativity in Engineering Students. Proc. Natl. Sci. Counc. ROC(D), 12 (2): 64-72.

Davis, M.H. and Harden, R.M. 1999. AMEE Medical Education Guide No.15: Problem-Based Learning: a Practical Guide. Medical Teacher 21 (2), pp 130140.

Golson, H. L. 2006. The I-Competencies and Leadership. Retrieved April, 28, 2007. From http://www.management psychology.com/Articles/I-Competencies.html

Idrus, Muhammad. 2009. Kompetensi Interpersonal Mahasiswa. UNISIA, Vol. XXXII No. 72 Desember 2009, hlm 177184.

Miles, Matthew B. & Michael Huberman. 1984. Qualitative Data Analysis. Terjemahan Tjetjep Rohendi Rohidi. 1992. Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Mustajab, Maksud, Sriyono, Siska Desy Fatmaryanti. 2012. Penerapan Metode Pembelajaran Cooperative Script untuk Meningkatkan Partisipasi Belajar Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 2 Karanggayam Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Radiasi. Vol. 1. No. 1. Hlm 37 40.

Ningsih, Wahyu Setia dan Dedi Kusmayadi. 2008. Hubungan Antara Minat Berorganisasi Dengan Asertifitas Pada Mahasiswa. Jurnal Soul, Vol. 1, No. 2, September 2008, hlm 7383.

Santoso, Hedi Pujo, Turnomo, Hapsari Dwiningtyas Sulistyani, Triyono Lukmantoro, Wiwied Noor Rakhmad. 1999. Tingkat Kecemasan Komunikasi Mahasiswa dalam Lingkup Akademis. Laporan Penelitian. Lembaga Penelitian Universitas Diponegoro (Undip) Semarang.

Sharbinie, Ully M dan Agus Suryana. 2006. Seni Berbicara di Depan Publik Bebas Rasa Takut. Jakarta : EDSA Mahkota.

Siswandi, Herman Joseph. 2006. Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi Melalui Metode Diskusi Panel dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar (Penelitian Tindakan Kelas). Jurnal Pendidikan Penabur, No.07/Th.V/Desember 2006, hlm 2435.

Sugiyanto, R. 2009. Penerapan Metode Bertanya dalam Kegiatan Praktek Lapangan untuk Meningkatkan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Mahasiswa. Jurnal Geografi. Volume 6 No. 2 Juli 2009, hlm 8090.

Weiss, R. 2003. Designing Problems to Promote Higher-Order Thinking. In Knowlton, D & Sharp, D (eds) Problem-Based Learning in The Information Age. pp. 2531.Davis, M.H., and , R.M. Harden. Problem-Based Learning: a Practical Guide. AMEE Medical Education Guide No.15, Association for Medical Education in Europe. 1999.

Wood, D.F. 2003. Problem Based Learning. British Medical Journal, 326 (7384), pp. 328 330.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.