TINDAK TUTUR PENGASUH DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI SEKOLAH DASAR : ANALISIS ASERTIF

Prasetyawan Aji Sugiharto(1), Madya Giri Aditama(2),


(1) STKIP Muhammadiyah Batang
(2) STKIP Muhammadiyah Batang

Abstract

Penelitian ini mengkaji tindak tutur asertif guru dalam pembelajaran jarak jauh pada kelas 1 Sekolah Dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi jenis tindak tutur dalam pembelajaran jarak jauh, dan menjelasakan fungsi dari tindak tutur assertive dalam aktivitas pembelajaran jarak jauh. Sumber data adalah tindak tutur yang dilakukan oleh guru saat pembelajaran jarak jauh menggunakan whatsapp chat group history. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan content analysis. Dalam mendeskripsikan fungsi dari tindak tutur assertive dalam pembelajaran jarak jauh yakni menggunakan teori makna illocutionary. Berdasarkan hasil dari penelitian menunjukkan bahwa tindak tutur assertive yang dilakukan guru berjumlah 49 tuturan. Dengan kata lain tindak tutur assertive sering digunakan sekitar 48% dalam pembelajaran jarak jauh dimasa pandemi antara lain menginformasikan, menjelaskan, mengomentari, menjawab, memberikan umpan balik, mengumumkan topic, mengumumkan tugas. Tindak tutur assertive merupakan tindak tutur yang memiliki pengaruh yang sangat penting dalam aktivitas belajar secara online.

Keywords

Bahasa Pengasuh, Tindak Tutur, Asertif.

Full Text:

PDF

Refbacks





Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.