KEMAMPUAN MENULIS DRAMA BERBAHASA INGGRIS BERBASIS CERITA DAERAH DALAM MELESTARIKAN KEARIFAN LOKAL PADA MAHASISWA SEMESTER 7 PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS UNIVERSITAS PGRI SEMARANG

Indri Kustantinah(1), Rr. Festi Himatu Karima(2), Sri Wahyuni(3),


(1) IKIP PGRI Semarang
(2) IKIP PGRI Semarang
(3) IKIP PGRI Semarang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis drama bahasa Inggris berdasarkan cerita lokal dan kearifan lokal dapat dilestarikan dengan menggunakan drama bahasa Inggris berdasarkan cerita lokal dari mahasiswa semester 7 Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas PGRI Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah kemampuan mahasiswa semester 7 dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas PGRI Semarang dalam menulis drama berbahasa Inggris adalah bagus. Kedua, ada tiga unsur kearifan lokal yang ditemukan pada drama berbahasa Inggris yang ditulis mahasiswa, yaitu pengakuan tindakan, perilaku, dan pengaruh sumber daya geografis dan alam.

This research was conducted in order to convey the ability of writing English drama based on local story and how local wisdom can be preserved by using English drama based on local story by the 7th semester students of the English Education Department of IKIP PGRI Semarang. The method used in this research is descriptive quantitative. The result is average students’ writing skills is 73%. It can be concluded that the ability of the 7th semester student of English Education Department IKIP PGRI Semarang in a writing English drama is good. Second, there are three elements of local wisdom found on students’ English drama, namely recognition of actions, behaviors, and the influence of geographical and natural resources.

Keywords

writing, drama, local wisdom.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.