PERISTIWA-PERISTIWA KEJIWAAN DAN REAKSI TOKOH UTAMA SELAMA MENGHADAPI KONFLIK PERUBAHAN KEPRIBADIAN DALAM NOVEL CINTA DI UJUNG SAJADAH KARYA ASMA NADIA

A’am Khunaefi(1), Agus Nuryatin(2),


(1) Prodi Sastra Indonesia, FBS, UNNES
(2) Prodi Sastra Indonesia, FBS, UNNES

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan konflik batin tokoh utama dalam novel Cinta di Ujung Sajadah karya Asma Nadia, mendeskripsikan peristiwa-peristiwa kejiwaan tokoh utama selama menghadapi konflik batin dalam novel Cinta di Ujung Sajadah karya Asma Nadia, dan mendeskripsikan reaksi tokoh utama selama menghadapi konflik batin dalam novel Cinta di Ujung Sajadah karya Asma Nadia. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini psikologi sastra dan metode deskripsi analitik. Hasil penelitian ini adalah konflik batin tokoh utama yang terdapat dalam novel Cinta di Ujung Sajadah dihadapkan dengan konflik persiapan masuk perguruan tinggi dan pergi dari rumah pada konflik mendekat-mendekat (approach-approach), berkata bohong pada konflik mendekat-menjauh (approach-avoidance) serta membenci ayahnya dan pergi dari rumah pada konflik mendekat-menjauh berganda (approach-avoidance double), dan hidup dalam rasa kehilangan dan frustasi pada konflik menjauh-menjauh (avoidance-avoidance), peristiwa-peristiwa kejiwaan tokoh utama selama menghadapi konflik batin.

Every human being must experience personality changes in him in accordance with the state of the environment. Novel Love at the End of Asma Nadia Sajadah works that serve as the object of study in this research describes the struggle of the main character is looking for her birth mother. In the struggle of the main character experiencing inner conflict through psychological events and reactions are carried out in the face of conflict personality changes. Changes in personality is influenced by factors inside and outside. Analysis of the data used in this study is a qualitative technique. Qualitative analysis can be classified into descriptive method which application is said, describing, analyzing, and interpreting.

Keywords

psychology literature, psychiatric events, conflicts, reaction

Full Text:

PDF

References

Jabrohim. 2001. Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: Hanindita Graha Widia.

Mihardja, Ratih. 2012. Sastra Indonesia. Jakarta: Laskar Aksara.

Nadia, Asma. 2013. Cinta di Ujung Sajadah. Jakarta: Buku Republika.

Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Teori Pengkajian Satra. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Ratna, Nyoman Kutha. 2010. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.