PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS TANGGAPAN DESKRIPTIF MELALUI TEKNIK KALIMAT MENGALIR DENGAN MEDIA GAMBAR

Dian Muazinzah, Mimi Mulyani

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pembelajaran menulis teks tanggapan deskriptif, mendeskripsikan perubahan sikap spiritual, mendeskripsikan perubahan sikap sosial, mendeskripsikan peningkatan pengetahuan peserta didik,dan mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis teks tanggapan deskriptif melalui teknik kalimat mengalir dengan media gambar pada peserta didik kelas VII C SMP Negeri 1 Kalinyamatan Jepara. Proses pembelajaran dilaksanakan melalui dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas pada tes pengetahuan prasiklus sebesar 62,97. Pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 66,81 atau dalam kategori cukup baik dan pada siklus II mengalami peningkatan lagi sebesar 82,81 atau dalam kategori baik. Hasil penelitian tes keterampilan pada prasiklus sebesar 66,5 atau dalam kategori cukup baik. Pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 77,2 dan pada siklus II mengalami peningkatan lagi sebesar 84,3. Peningkatan menulis teks tanggapan deskriptif juga diikuti dengan perubahan sikap belajar peserta didik ke arah yang lebih baik selama proses pembelajaran menulis teks tanggapan deskriptif melalui teknik kalimat mengalir dengan media gambar.

The purpose of this study is to describe the process of learning to write descriptive text responses, describes the spiritual attitude change, describing change social attitudes, describing an increased knowledge of learners, and describe the improvement of writing skills through the technique of descriptive text responses sentences flow with media images on students of class VIIC SMP Negeri 1 Kalinyamatan Jepara. The learning process is carried out through two cycles, the first cycle and second cycle. The results of this study showed that the average value of the class on the knowledge test pre-cycle at 62.97. In the first cycle increased by 66.81 or in a category quite well and the second cycle increased by 82.81 or more in both categories. The results of research on skills tests pre-cycle 66.5 or category quite well. In the first cycle increased by 77.2 and the second cycle increased again by 84.3. Improved writing descriptive text responses are also accompanied by changes in attitudes towards learners learn better during the process of learning to write descriptive text responses through techniques sentences flow with media images.


Keywords


text responses descriptive writing skills, sentence flows techniques, media images

Full Text:

PDF

References


Andriani, Veronika. 2009. Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Deskripsi Melalui Pendekatan Tematik dengan Media Gambar pada Siswa Kelas III SD Negeri 07 Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2008/2009. Skripsi. Unnes.

Kemendikbud. 2013. Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan. Jakarta: Politeknik Negeri Media Kreatif.

Purnomo, Hari. 2013. Peningkatan Kemampuan Menulis Paragraf Deskripsi dengan Teknik Kalimat Mengalir pada Siswa Kelas II B SD Negeri Ngijo 03 Karangploso Kabupaten Malang Semester Genap Tahun Pelajaran 2012-2013. NOSI. Volume 1, No.6 : Hal.585-590. http://www.pbindoppsunisma.com/wp-content/uploads/2013/09/50-Hari-Purnomo-585-590.pdf,(diunduh pada tanggal 25 Desember 2013).

Rohmadi, Alexander M.J, dan Agus S. 2009. English Revolution. Magelang: El-Rachma.

Rostami, A dan Hoveidi, A. 2014. Improving Descriptive Writing Skills Using Blog-Based Peer Feedback. IJLLALW. Volume 5, No.2 Hal. 299-308. http://www.ijllalw.org/finalversion5224.pdf, (diunduh pada tanggal 15 Juni 2014)

Siburian, Tiur Asih. 2013. Improving Students Achievement On Writing Descriptive Text Through Think Pair Share. IJLLALW. Volume 3, No.3 Hal.30-43.http://www.ijllalw.org/July2013fullissue.pdf, (diunduh pada tanggal 19 Februari 2014).

Suaidah. 2010. Upaya Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Deskriptif dengan Model Pembelajaran Langsung Melalui Media Foto Pada Siswa Kelas III SD I Garung Lor Kaliwungu Kudus.Skripsi. Unnes.

Suyatno. 2004. Teknik Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Surabaya: SIC.

Tjitrosoepomo, Gembong. 2005. Morfologi Tumbuhan. Yogyakarta: Gadjah Mada.

Utfiyati. 2013. Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Deskripsi Melalui Teknik Latihan Terbimbing dengan Menggunakan Media Gambar pada Siswa Kelas IV MI Raudlatul Wildan Kecamatan Wedung Kabupaten Demak Tahun 2012/2013. Skripsi. Unnes.

Zahroh, Aminatus. 2013. Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi dengan Menggunakan Model Kreatif dan Produktif Melalui Media Gambar Pada Siswa Kelas VII MTs Nurul Ikhsan Banjarejo Kabupaten Grobogan. Skripsi. Unnes.

Wignell, Peter dan Linda Gerot. 1994. Making Sense of Functional Grammar. Sydney: Gerd Stabler.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.