PENGEMBANGAN BUKU POP UP TIGA DIMENSI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MENULIS PUISI

Fery Ahmad Wahyudi, Mukh Doyin

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui pengembangan media pembelajaran buku pop up dalam menulis puisi siswa SDN Negeri 1 Grabag, SDN Negeri 1 Secang, dan SDN Negeri 2 Secang. Pengembangan ini merupakan jenis Research and Development (R&D) yang terdiri atas lima tahap, yaitu survey pendahuluan, awal pengembangan prototipe, validasi desain, desain produk, dan perbaikan desain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penelitian pengembangan Research and Development (R&D) dapat mengetahui kebutuhan pengembangan buku pop up tiga dimensi sebagai media pembelajaran menulis puisi di SD, mengetahui prinsip pengembangan pop up tiga dimensi sebagai media pembelajaran menulis puisi di SD, mengetahui prototipe mengenai produk pengembangan pop up tiga dimensi sebagai media pembelajaran menulis puisi di SD, dan perbaikan produk buku pop up tiga dimensi sebagai media pembelajaran menulis puisi di SD. Simpulan penelitian pengembangan yang dilakukan peneliti adalah menciptakan suatu media pembelajaran yang inovatif dan kreatif serta karakter media pembelajaran dapat menciptakan suasana yang imajinatif dan partisipatif bagi siswa.

The purpose of this study is to recognize the development of learning media which is pop up book in writing poeetry for students of SDN 1 Grabag, SDN 1 Secang, and SDN 2 Secang. This development is classified into Research and Development (R&D) which is done through five stages, they are introductory survey, prototype development, design validation, product design, and design improvement. The result of this studi shows that Research and Development (R&D) can explain the necessity of developing 3D pop up bookas a learning media in writing poetry, can also explain the principles of developing 3D pop up book as a learning media in writing poetry and show the prototype about 3D pop up development product as a learning media in writing poetry. The conclusion of this study is creating an interesting and creative media and learning material characters could make an imaginative seeting and could rise the students participation.


Keywords


3D pop up book as a learning media, learning of poetry Research and Deelopment (R&D)

Full Text:

PDF

References


Akhadiah, Sabarti. 1997. Menulis I. Jakarta: Universitas Terbuka.

Aminuddin, 1995. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algesindo

Asriani, Priska Dewi. 2007. Metoda Pembelajaran untuk Musik Anak Tuna Rungu melalui Buku Pop Up Ada Bunyi?. Diunduh dari //http://digilib.its.ac..id./public/ITS-Undergraduate-5380-3402100054-chapter1.pdf, diakses tanggal 2 januari 2014.

Baribin, Raminah. 1990. Teori dan Apresiasi Puisi. Semarang. IKIP Semarang Press.

Has, Aveur. 2011. Yuk, Menulis Puisi! Diary Puisi dan Cerita Fiksi. Jakarta: Gramedia.

Komaidi, Didik. 2011. Menulis Kreatif. Yogyakarta: Sabda.

Rohani, Ahmad.1997. Media Instruksional Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Sumardi dan Abdul Rozak Zaidan. 1997. Pedoman Pengajaran Apresiasi Puisi SLTP dan SLTA untuk Guru dan Siswa. Jakarta: Balai Pustaka.

Winaputra, Udin. 2005. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jakarta. Departemen Pendidikan Nasional.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.