PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENYUSUN TEKS CERITA PENDEK BERBASIS KEARIFAN LOKAL BAGI SISWA SMP

Karlina Ayu Puspitaningrum(1), Suseno Suseno(2),


(1) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FBS, Universitas Negeri Semarang
(2) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FBS, Universitas Negeri Semarang

Abstract

Buku pengayaan terutama untuk menyusun teks cerita pendek sangat kurang. Berdasarkan hasil analisis terhadap kebutuhan, buku pengayaan menyusun teks cerpen yang diinginkan siswa dan guru yaitu, 1) buku yang didesain menarik dan berwarna cerah, 2) buku pengayaan dilengkapi dengan tahapan menyusun teks cerpen agar memudahkan siswa untuk menyusun dan mengembangkan keterampilan menyusun teks cerpen, 3) materi disajikan dengan menarik dan jelas serta terintegrasi nilai kearifan lokal, 4) buku pengayaan menyusun teks cerpen menggunakan ragam bahasa santai dan komunikatif, dan 5) grafika buku dibuat dengan desain menarik, dengan ketebalan buku yang disesuaikan dengan siswa SMP. Metode research and development dalam penelitian ini didesain dengan mengacu pada teori Borg and Gall dengan sedikit penyesuaian sesuai konteks penelitian. Hasil penelitian dan pengembangan ini dapat disajikan seperti berikut: Penilaian terhadap prototipe buku pengayaan menyusun teks cerita pendek berbasis kearifan lokal bagi siswa SMP yang diberikan oleh guru dan ahli, yaitu (1) aspek materi/isi buku memeroleh rata-rata nilai 85,15 dengan kategori baik, (2) aspek penyajian memeroleh rata-rata nilai 87,81 dengan kategori baik, (3) aspek bahasa memeroleh rata-rata nilai 87,50 dengan kategori baik, dan (4) aspek grafika memeroleh rata-rata nilai 88,24 dengan kategori baik. Berdasarkan penilaian ahli dan guru, buku pengayaan menyusun teks cerpen berbasis kearifan lokal sudah layak dan digunakan sebagai buku pelengkap dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dan menambah pengetahuan siswa terhadap kegiatan menyusun teks cerpen dan nilai-nilai kearifan lokal. 

The enrichment book especially to compose the short stories is very less. Based on the analysis of the needs, the enrichment book compose the shost story text that students and teachers desired are, 1) a book designed attractive and brightly colored, 2) enrichment book fitted up with the steps of composing short story to make easier the students to compose and develop the skills to compose the short stories text, 3) the material is presented with interesting and clear as well as integrated value of local wisdom, 4) enrichment book compose short story text using the relaxed and communicative variety of language, and 5) graphics of the book made with attractive design, the thickness of the book is according to the junior high school students. The methods of research and development in this research was designed with reference to the Borg and Gall's theory with a little adjustment in the context of research. The results of this research and development can be presented as : Assessment of the prototype of the enrichment book compose short story text based on local wisdom for junior high school studends given by teachers and experts,they are (1) the material aspects/content of the book gets an average score 85,15 with good category (2) the presentation aspects gets an average score 87,81 with good category (3 )as the language aspect gets an average score 87,50 with good category (4) obtain graphic gets an average score 88,24. Based on experts and teachers assessment, the enrichment book compose short story text based on local wisdom is feasible and used as a complementary book for learning Bahasa Indonesia and increase the studendt's knowledge of the activities of composing short story text and values of local wisdom.

Keywords

Enrichment book, composing short story text, local wisdom

Full Text:

PDF

References

Aminuddin. 2009. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Ariadinata, Joni. 2006. Aku Bisa Nulis Cerpen. Jakarta: Gema Insani Press.

Depdiknas. 2006. Pedoman Memilih dan Menyusun Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Sekolah Menengah Pertama, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar Dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional.

Fahmy, Zulfa. 2012. Pengembangan Bahan Ajar Menulis Cerpen Bermedia Ebook dalam Metode Analogi untuk Siswa SMA. Skripsi. Semarang: Jurusan Bahasa Indonesia Unnes.

Hardjana HP. 2006. Cara Mudah Mengarang Cerita Anak-anak. Jakarta: Grasindo.

Kamonthip dan Kongprasertamorn. 2007. Local Wisdom, Environmental Protection and Community Development. Jurnal of humanities, 10.1 2007.

Mujimin. 2012. Handout Telaah Buku Teks. Semarang: Jurusan Bahasa dan Sastra Jawa.

Purwaningtyas, Eva. 2012. Pengembangan Bahan Ajar Menulis Karya Ilmiah Berbasis Kearifan Lokal bagi Siswa Kelas XI SMA. Skripsi. Semarang: Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Prastowo, Andi. 2011. Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Rahmawati, Eli. 2010. Pengembangan Buku Panduan Mengapresiasi Cerita Pendek yang Bertema Multikultural untuk Tingkat SMP. Skrpsi. Semarang: Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Sismulyasih, Nugraheti. 2010. Buku Panduan Menulis Cerpen Siswa Kelas IX SMP N 4 Kajen Kabupaten Pekalongan. Lembaran Ilmu Kependidikan, September 2010, 133-140.

Sitepu, B.P. 2012. Penulisan Buku Teks Pelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Stanton, Robert. 2007. Teori Fiksi. Alih bahasa: Sugihastuti, Rossi abi al irsyad Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Wagiran. 2012. Pengembangan Karakter Berbasis Kearifan Lokal ”Hamemayu Hayuning Buwana”. Jurnal Pendidikn Karakter, Oktober 2012, 329-339.

Wismanto, Agus. 2012. Pengembangan Bahan Ajar Bermuatan Budi Pekerti pada Pembelajaran Menulis Cerita Pendek untuk Siswa Kelas IX. Tesis. Semarang : Pascasarjana Unnes.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.