PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYUSUN TEKS CERITA PENDEK MENGGUNAKAN METODE IMAJINATIF DAN MEDIA LAGU

Ida Andriati(1), Sumartini Sumartini(2),


(1) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS Unnes
(2) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS Unnes

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan di SMP Roudlotus Saidiyyah Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas proses pembelajaran menyusun teks cerita pendek, meningkatkan keterampilan siswa dalam menyusun teks cerita pendek, dan mengubah perilaku yang mencakup sikap religi dan sikap sosial siswa menjadi lebih baik. Penelitian ini dilakukan dengan menqggunakan metode imajinatif dan media lagu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode imajinatif dan media lagu dapat digunakan meningkatkan keterampilan siswa menyusun teks cerita pendek. Keefektifan penggunaan metode dan media ini diketahui dari peningkatan nilai rata-rata yang dicapai siswa dalam menyusun teks cerita pendek. Nilai rata-rata kelas siklus I sebesar 1,86 dengan kategori cukup berpredikat C. Pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 1,37 atau 34,25% menjadi 3,23 dengan kategori baik berpredikat B+. Peningkatan tersebut juga diikuti perubahan sikap religi dan sikap sosial ke arah yang lebih baik selama proses pembelajaran. Respon siswa terhadap pembelajaran menyusun teks cerita pendek menggunakan metode imajinatif dan media lagu sangat baik. 

This research belonged to classroom action research which was carried out in SMP Roudlotus Saidiyyah Semareang. This research aimed to recognize the quality of the learning process in arranging short stories text, increase the students behavior in religion and social manners be better. This research was carried out using imaginative method and song media. The result of the study showed that imaginative method and song media could be used to increase the students skill in arranging short stories text. This method and media was effective, seen by the increase of the average scor reached by the students in arranging short stories text. The average score of the students in cycle I was 1,86 and ranked C. There was improvement as big as 1,37 or 34,25% in cycle II and the score became 3,33 ranked B+. The enchancement was also followed by the better change of the students behavior in religion and social manners during the learning process. The respond of the students through the learning was also good. 

Keywords

arranging short stories text, imaginative method, song media, religion manner, social manner.

Full Text:

PDF

References

Brewster, J.,Ellis, G., Girrard, D. 2002. The Primary English Teachers Guide. England: Penguin English.

Kurniawan, Heru dan Sutardi. 2012. Penulisan Sastra Kreatif. Yogyakarta: Graha Ilmu

Saputri. 2009. Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Menggunakan Teknik Kerangka Tulisan Dengan Media Lirik Lagu Siswa Kelas X B SMA Negeri 1 Godong Tahun Pelajaran 2008/ 2009. Skripsi Universitas Negeri Semarang

Silberman, Melvin L. 2013. Active Learning: 101 cara belajar siswa aktif. Bandung: Nuansa Cendekia

Taufik. 2011. Penerapan metode pembelajaran metode imajinatif untuk meningkatkan kemampuan mengarang berdasarkan gambar pada siswa kelas III SDN karangrejo 02 tahun pelajaran 2010/ 2011. Skripsi Universitas Negeri Semarang

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.