PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI BERTEMA ORANG TERCINTA MENGGUNAKAN METODE PARTISIPATORI DENGAN MEDIA BURSA KATA PADA SISWA KELAS VII C SMP NEGERI 9 PURWOKERTO

Rosi Dwi Budiastuti(1), Wati Istanti(2),


(1) Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS Unnes
(2) Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS Unnes

Abstract

Keterampilan menulis puisi siswa kelas VII C SMP Negeri 9 Purwokerto masih rendah dan perlu ditingkatkan. Nilai rata-rata kelas yang diperoleh belum mencapai batas nilai kriteria ketuntasan minimal, yaitu 75. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor baik dari siswa maupun guru. Penelitian ini membahas proses, hasil keterampilan, serta perubahan perilaku dalam pembelajaran menulis puisi bertema orang tercinta menggunakan metode partisipatori dengan media bursa kata pada siswa kelas VII C SMP Negeri 9 Purwokerto. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan proses, keterampilan menulis puisi,   orang tercinta menggunakan metode partisipatori dengan media bursa kata pada siswa kelas VII C SMP Negeri 9 Purwokerto. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas siklus I dan siklus II. Setiap siklus memiliki empat tahapan kegiatan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode partisipatori dengan media bursa kata dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis puisi. Proses pembelajaran mengalami peningkatan perhatian, keantusiasan, dan keaktifan siswa saat mengikuti pembelajaran. Keterampilan menulis puisi siswa kelas VII C SMP Negeri 9 Purwokerto mengalami peningkatan. nilai rata-rata prasiklus ke siklus I sebesar 16,18% dengan nilai rata-rata sebesar 78,68. Peningkatan nilai rata-rata siklus I ke siklus II sebesar 6% dengan nilai rata-rata sebesar 84,68 dalam kategori baik. Tingkah laku siswa dalam mengikuti pembelajaran menulis puisi mengalami perubahan menuju ke arah lebih baik, bersungguh-sungguh mengikuti pembelajaran, berperan aktif dalam proses pembelajaran, dan terlihat berkonsentrasi dalam menulis puisi.

            The poetry writing skills of students of class VII C SMP 9 Purwokerto is still low and needs to be improved. The mean of score which is derived in the class have not reached yet the criteria minimum score, namely 75. This is caused by several factors, both of students and teachers. This study discusses the process, the result of skill, as well as behavioral changes in learning to write poetry themed participatoryloved ones using the media exchange words in class VII C SMP 9 Purwokerto. This study aims to determine the increase process, poetry writing skills, and behavioral changes in learning to write poetry themed loved ones using participatory methods with media exchanges words in grade of VII C SMP 9 Purwokerto. This research is a classroom action research (PTK) which consists of the first cycle and the second cycle. Each cycle has four phases of activities, including planning, action, observation, and reflection. The results showed that the method of participatory media words exchanges and improves the students skill in writing poetry. The learning process improved attention, enthusiasm and the activeness of students while attending the learning. The poetry writing skills of students of grades VII C SMP 9 Purwokerto improved well. It can be seen from the result ofprasiklus to the first cycle or 16.18% or 78.68. The increasinge of the first cycle to the second cycle of 6% or a total of 84.68 in both categories. The behavior of students in learning to write poetry following the change towards a better, join well in  the learning, play an active role in the learning process, and looks to concentrate on writing poetry.

Keywords

poetry writing skills, participatory methods, and media ofexchange word

Full Text:

PDF

References

Aminuddin. 2009. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Kosasih. E. 2012. Dasar-Dasar Keterampilan Bersastra. Bandung: Yrama Widya.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.