PERSEPSI DAN HARAPAN MAHASISWA DAN DOSEN TERHADAP PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BAHASA ARAB

Zukhaira -, Singgih Kuswardono

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengungkap persepsi mahasiswa dan dosen terhadap penyelenggaraan dan
pelaksanaan pembelajaran keterampilan berbahasa Arab, dan mengungkap harapan-harapan mahasiswa
dan dosen tentang pembelajaran keterampilan berbahasa Arab di Prodi Pendidikan Bahasa Arab. Penelitian
ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) Secara
garis besar persepsi mahasiswa dan dosen terhadap pembelajaran keterampilan berbahasa Arab ekspresif
dan reseptif sudah berjalan dengan baik. (2) Kelemahan yang menonjol dalam proses belajar mengajar
keterampilan berbahasa Arab yaitu; banyaknya materi pembelajaran yang tidak sesuai dengan kebutuhan
mahasiswa dan tidak membantu mahasiswa untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Arab, dosen
dalam penyampaian materi tidak menggunakan metode bervariasi, banyaknya dosen yang tidak
menggunakan media pembelajaran, dan pola evaluasi yang tidak sesuai dengan materi yang diajarkan serta
hanya menguji pada ranah kognitif saja. (3) Mahasiswa dan dosen berharap agar pembelajaran
keterampilan dapat berjalan dengan baik dengan dukungan fasilitas dan sarana yang lebih memadai.
Kata kunci : persepsi, harapan, pembelajaran keterampilan, bahasa Arab

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.