PENGEMBANGAN RANCANGAN MATA KULIAH SASTRA BANDINGAN DENGAN METODE SINKRONIK-DIAKRONIK BERBASIS LAPANGAN DI PRODI BAHASA DAN SASTRA JAWA

Sukadaryanto -(1), Yusro Edy Nugroho(2),


(1) 
(2) 

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui, apakah pengembangan rancangan perkuliahan Sastra Bandingan
dengan metode sinkronik-diakronik berbasis lapangan dapat meningkatkan hasil belajar dan etos
mahasiswa . Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dirancang melalui dua
siklus. Subjek penelitiannya, mahasiswa prodi Sastra Jawa Unnes semester 6 sejumlah 30
orang.Penelitian menggunakan dua instrumen, yaitu instrumen tes dan instrumen nontes.Teknik analisis
data menggunakan analisis deskriptif prosentase dan secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil
penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan sebagai berikut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
rancangan perkuliahan sasta bandingan dengan metode sinkronik-deakronik berbasis lapangan terbukti
secara maknawi mampu meningkatkan kompetensi mahsiswa dalam membandingkan cerita rakyat yang
meliputi aspek peceritaan, unit naratif, fungsi pelaku, motif cerita, dan latar belakang cerita. Pada siklus I
nilai rata-rata hasil belajar mahasiswa yang diungkap dalam kompetensi membandingkan cerita rakyat
berbasis lapangan adalah 81,64, pada siklus II naik menjadi 88,09. Etos belajar mahasiswa menunjukkan
perilaku yang positif dilihat dari awal perkuliahan sampai akhir perkuliahan. Hal ini tampak pada keaktifan
selama perkuliahan, keterlibatan dalam bekerja sama di lapangan, dan keseriusan dalam mengerjakan
tugas.
Kata kunci: sastra bandingan, sinkronik-diakronik

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.