Upaya Membangun Industri Sepak bola di Indonesia

Sulistiyono -

Abstract


Tujuan dari penulisan adalah untuk meningkatkan pengelolaan Industri olahraga khususnya sepak bola (dari pengelolaan, penyediaan dan pemasaran produk atau jasa dibidang olahraga. Konsep industri sepakbola pada dasarnya adalah bagaimana sepakbola sebagai sebuah event mampu menguntungkan semua pihak yang terlibat mulai dari pemain, panitia pelaksana, klub, hingga penikmat sepakbola sebagai sebuah tontonan. Klub bisa memperoleh keuntungan dengan memanfaatkan berbagai aset yang dimilki klub seperti penjualan pemain, penjualan tiket pertandingan, penjualan berbagai merchandise dan untuk menarik minat investor atau perusahan swasta mau memberikan dana promosinya. Pengelolaan sepakbola di Indonesia jika diamati  secara lebih cermat masih jauh dari apa yang menjadi visi pengurus PSSI (Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia) yaitu terciptanya industri sepakbola. Industri sepakbola di Indonesia baru berada pada tingkatan akibat dari kegiatan utama pertandingan sepakbola atau kompetisi. Klub sebagai pelaku utama kegiatan industri sepakbola kenyataannya belum mampu mengelola kegiatannya untuk menghasilkan keuntungan. Klub sepakbola di Indonesia secara keuangan sebagian besar masih dibantu subsidi oleh pemerintah propinsi atau pemerintah daerah. Kebijakan yang tepat harus segera diambil PSSI dan pemerintah, swasta dan masyarakat jika industri sepakbola benar-benar menjadi tujuan dan cita-cita bersama dalam membangun sepakbola Indonesia selain prestasi tim nasional.

Kata Kunci: industri; sepakbola;  Indonesia



The aims of this review is to increase of management of Sports industry as specially is soccer (management, the provision of products, services in sport. The concept of soccer industry is basically how football as an event can benefit all parties involved from players, executive committee, club, to the connoisseurs of football as a spectacle. Clubs can benefit by utilizing a variety of clubs being owned assets such as the sale of players, game ticket sales, sales of various merchandise and how to attract investors or companies willing to provide funds swsata promotion. Management of football in Indonesia if it is observed more closely still far from what the vision board PSSI (Football Association Of Indonesia) namely the creation of football industry. New football industry in Indonesia is at the level of activity due to major football matches or competitions. Club as the main industrial activity is the reality of football has not been able to manage its operations to generate profits. Football clubs in Indonesia remains largely financially supported by the provincial government subsidies or local government. Appropriate policy should be taken PSSI and the government, private individual and society if the industry truly into football goals and ideals of football together in building Indonesia's national team in addition to achievement.

Keywords: industrial; football; Indonesia


Full Text:

PDF

References


Acosta, H. & Ruben. 2002. Managing Sport Organisation. USA: Human Kinetics

Anonim. 2009. Olahraga Jadi Industri, Pemda Harus Berbenah. Online 31 Januari 2011. http://www.kompas.com

Anonim. 2010. Inilah 10 Klub Sepakbola Terkaya di Dunia. Online 7 September 2010. http://www.berita2. com

Anonim. 28 Oktober 2010. Omset Sepak Bola Mencapai 3 Triliun. Kompas, hlm. 29

Anonim. Desember 2008. Bila Klub Sepak Bola Jadi Perusda. Busines Review, hal 51

Halid, N. 2008. Dari Sepakbola Politik Ke Sepakbola Industri. On line 20 Januari 2010. http://www.pssi-football.com

Kementerian Negara Pamuda dan Olahraga. 2005. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor: 3 Tahun 2005. Jakarta: Menpora

Pitts, B.G., Fielding, L.W. & Miller, L.K. 1994. Industry segmentation theory and the sport industry: Developing a sport industry segment model. Sport Marketing Quarterly, 3 (1): 15-24

Pribadi, B. 2010. Antara Sepak Bola, APBD, SDSB dan Audit Lingkungan. On line 31 Januari 2011. http://www.kompas.com

Saleh, P. & Agung. 2005. Peningkatan Kompentensi Profesi Pelatih. Majalah Ilmiah Olahraga. 11 (2): 141-153

Salman, T. 2006. Industri Sepakbola. On line 3 September 2010. http://www.isei.or.id

Smith, C.T. 2008. Introduction to Sport Marketing. Hungary: Elsevier

Subardi. 2010. Sejarah Dan Prestasi Sepakbola Indonesia, Organisasi PSSI, Serta Pembinaan Sepakbola Indonesia. Yogyakarta. Seminar Nasional

Sukarmin, Y. 2010. Pemasaran Olahraga melalui Event Olahraga. Jurnal Ilmiah Kesehatan Olahraga. 6 (2): 55-63

Surya, N. & Citra. 2010. Indomaret Bidik Omset Penjaualan Merchandise Piala Dunia Senilai Rp. 100 Milyar. Online 7 September 2010 http://www.indomaret. com




DOI: https://doi.org/10.15294/miki.v1i1.1139

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Published by:
Department of Sport Science Universitas Negeri Semarang
Gd. F1 Lt. 1 FIK-UNNES, Jalan Raya Sekaran Gunungpati Semarang Indonesia 50229, Telp/Fax: (024) 8508007

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.