Hubungan antara Fleksibilitas Otot Perut dengan Keterampilan Gerak Dasar Kayang dalam Senam Artistik

Geuis Jamilah(1), Wening Nugraheni(2),


(1) Universitas Muhammadiyah Sukabumi
(2) Universitas Muhammadiyah Sukabumi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara fleksibilitas otot perut dengan keterampilan gerak dasar kayang dalam senam artistik pada mahasiswa PJKR Universitas Muhammadiyah Sukabumi. Metode yang digunakan jenis metode penelitian kuantitatif dan pendekatan korelasi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa PJKR berjumlah 48 orang. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis person product moment. Hasil penelitian menunjukkan thitung= 0,0678<2,021 ttabel, maka tidak ada hubungan.Maka Ho diterima dan Ha ditolak. Artinya tidak ada hubungan yang signifikan antara fleksibilitas otot perut  dengan keterampilan gerak dasar kayang dalam senam artistik. Besarnya konstribusi sebesar 1% dan sisanya 99% ditentukan oleh variabel lain.

The aim of the study is to know the relation of abdominal muscle and the basic motion of kayang at gymnastic for physical education students of Muhammadiyah University Sukabumi. Kuantatife methode and corellation used for methods of this study. 48 students use for the sample and the data analyze used peson product moment. The result of the study showed  thitung= 0,0678<2,021 ttabel, its mean no significant correlation. There is no significant correlation between flexibility of abdominal muscles and the basic motion of Kayang. The  contribution 1% and 99% determinant by other variables. 

Keywords

flexibility of abdominal muscles, kayang and gymnastic

Full Text:

PDF

References

Giriwijoyo, Santoso Y. S. (2005). Manusia dan Olahraga. Bandung: ITB.

Jhon dan Jean, M. (2008). Dasar – dasar Senam. Bandung: Angkasa.

Kurniawan, M.I. (2014). Hubungan antara Power Otot Tungkai,Power Otot Lengan Kelentukan dan Keseimbangan dengan Hasil BelajarKayang pada Siswa Kelas X SMK YAGSMI Bandar Lampung. Dalam Jurnal, Vol 1 (8), 11 Halaman. Tersedia: Jurnal.fkip.unila.ac.id. [Juni 2017].

Nurhasan. (2008). Penelitian Pembelajaran Penjas. Jakarta: Universitas Terbuka.

Rahmani, M. (2014). Buku Super Lengkap Olahraga. Jakarta: Dunia Cerdas.

Siregar, S. (2015). Statistika Terapan. Jakarta. Prenadamedia Group.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tn. (2004). Petunjuk Olahraga Senam. Jakarta: Dinas Olahraga dan Pemuda

Wijaya, S. (2013). Kontribusi Kelentukan Terhadap Hasil Belajar Kayang Pada Siswa Kelas VII SMP Al Azhar 3 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2012/2013. Dalam Jurnal Skripsi, 11 Halaman. Tersedia: download.portalgaruda.org>article>Kontribusi Kelentukan Terhadap Hasil BelajarKayang Pada Siswa Kelas VII SMP Al Azhar 3 Bandar Lampung Tahun Pelajar 2012/2013. [Juni 2017].

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Published by:
Department of Sport Science, Universitas Negeri Semarang
Gd. F1 Lt. 1 FIK-UNNES, Jalan Raya Sekaran Gunungpati Semarang Indonesia 50229, Telp/Fax: (024) 8508007

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.