Meningkatkan Hasil Belajar Gerak Dasar Manipulatif Melempar dan Menangkap Bola melalui Media Visual pada Siswa SDLB-B (Tunarungu) SLB Negeri Sragen

Dedy Agung Nugroho(1), Agus Kristyanto(2), Sapta Kunta Purnama(3),


(1) Universitas Sebelas Maret
(2) Universitas Sebelas Maret, Indonesia
(3) Universitas Sebelas Maret, Indonesia

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar gerak dasar  manipulatif melempar dan menangkap bola melalui media visual pada siswa kelas III SDLB-B SLB Negeri Sragen. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SDLB-B SLB Negeri Sragen. Sumber data berasal dari guru, siswa dan peneliti. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, angket, dan dokumentasi atau arsip. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui penerapan media visual dapat meningkatkan hasil belajar gerak dasar manipulatif melempar dan menangkap bola dari prasiklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Dari hasil analisis yang diperoleh peningkatan hasil belajar keterampilan gerak dasar manipulatif melempar dan menangkap bola pada Siklus I 75% masuk kriteria tuntas dan pada Siklus II meningkat mencapai 100% atau semua siswa telah mencapai kreteria tuntas dengan KKM 75. Simpulan penelitian ini adalah dengan penerapan media visual dapat meningkatkan hasil belajar gerak dasar manipulatif melempar dan menangkap bola pada siswa kelas III SDLB-B SLB Negeri Sragen

The objective of this research is to increase the result for studying manipulative based movement of throw and  catch a ball using visual media at the third year of SLB–B SLB NEGERI SRAGEN. This research is a classroom action research. This research is done in two cycles, and each cycle consists of planning, implementation of the action, observation, and reflection. The subject of this research is the third years of SLB–B SLB NEGERI SRAGEN. The data source of this research are teacher, student, and researcher. Technique of collecting data are observation, questionnaire, and documentation. Data validity uses technique of data triangulation. The data of this research are analyzed by using descriptive qualitative with percentage. The result of this research shows that by using visual media can increase the result the result for studying manipulative based movement of throw and  catch a ball from the pre-cycle to the cycle 1 and cycle 2. Based on the result of the analyze, there is increasing result of studying of the manipu lative based movement of throw and catch ability on the cycle 1 can get 75% that can get in to the through criteria. While on the cycle 2 the increasing can get 100%, on the other word all student can get the through criteria with is KKM. The conclution of this research is by using visual media can increase the result of studying manipulative based movement throw and catch a ball at the third years SLB–B SLB NEGERI SRAGEN

Keywords

result of study, manipulative based movement, throw and catch a ball, visual media.

Full Text:

PDF

References

Abdoellah, A. (1996). Pendikan Jasmani Adaptif. Jakarta: Departermen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Proyek Pendidikan Tenaga Akademik.

Abdulah, A. & Manadji, A. (1994). Dasar-dasar Pendidikan Jasmani. Jakarta: Proyek Pembinaan dan Peningkatan Mutu Tenaga Pendidik Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafingo Persada.

Aunurrahman. (2012). Belaja dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Dewi, D. (2013). Jenis-jenis Media dan Kekurangannya. Di Peroleh tanggal 12 Maret 2014, http://dianidewi.blogspot.com/2013/06/jenis-jenis-media-kekurangan-dan.html

Dimyati & Mujiono. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Ernasari, R. (2013). Karakteristik dan Masalah Perkembangan Anak Tunarungu. Diperoleh 15 April 2014, dari http://renny12395.blogspot.com/2013/11/karakteristik-dan-masalah-perkembangan.html?m=1

Hendrayana, Y. (2007). Pendidikan Jasmani dan Olahraga Adaptif: Center for Research on International Cooperation in Educational Development University of Tsukuba.

Husni, I. (2002). Pembelajaran Adaptif. Jakarta: Departermen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pendidikan Luar Biasa.

Jatmika, H. M. (2005). Pemanfaatan Media Visual dalam menunjang Pembelajaran Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 3 (1), 89-100.

Kristiyanto, A. (2010). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Sragen: UNS Press.

Lutan, R. (1988). Belajar Ketrampilan Motorik, Pengantar Teori dan Metode. Jakarta: Depdikbud. Dirjendikti.

Ma’mun, A. & Saputra, Y.M. (2000). Perkembangan Gerak dan Belajar Gerak. Depdiknas. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Bagian Proyek Penataran Guru SLTP Setara D-III.

Sutikno, M. S. (2009). Belajar dan Pembelajaran Upaya Kreatif dalam Mewujudkan Pembelajaran yang Berhasil. Bandung: Prospect.

Wagino, Juari, & Sukri. (2010). Pendidikan Jasmani dan Kesehatan untuk SD/MI kelas 1. Jakarta: CV Bina Pustaka.

Waluyo. (2013).Teknologi Pendidikan dalam Penjas.Sragen:Cakrawala Media.

Widati, S. & Murtaldo. (2007). Pendidikan Jasmani dan Olahraga Adaptif. Jakarta: Departermen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Published by:
Department of Sport Science, Universitas Negeri Semarang
Gd. F1 Lt. 1 FIK-UNNES, Jalan Raya Sekaran Gunungpati Semarang Indonesia 50229, Telp/Fax: (024) 8508007

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.