THE ROLE OF CHINESE IN COMING OF ISLAM TO INDONESIA: TEACHING MATERIALS DEVELOPMENT BASED ON MULTICULTURALISM

Hendra Kurniawan(1),


(1) Sanata Dharma University

Abstract

The aim of this research was to describe the role of Chinese in coming of Islam to Indonesia in XV-XVI century and developed it into a history teaching materials based on multiculturalism. It was a library research with historical approach. Data that were obtained from various sources analyzed by qualitatively descriptive into teaching materials integrated into curriculum. The results showed that there were  some historical facts, strengthen the role of Chinese in the coming of Islam to Indonesia in the XV-XVI centuries. The study compiled into teaching materials that can be integrated into curriculum 2013 on Indonesian History subjects for high school class X. Developed teaching materials can disseminated multiculturalism values in students to realize a harmonious society.

 

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peran Tionghoa dalam masuknya Islam ke Indonesia pada abad XV-XVI dan mengembangkannya menjadi bahan ajar sejarah berbasis multikulturalisme. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan dengan pendekatan historis. Data yang diperoleh dari berbagai sumber dianalisis secara kualitatif deskriptif menjadi bahan ajar untuk diintegrasikan ke dalam kurikulum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat berbagai fakta sejarah yang menguatkan peran Tionghoa dalam masuknya Islam ke Indonesia pada abad XV-XVI. Kajian tersebut disusun menjadi bahan ajar yang dapat diintegrasikan ke dalam Kurikulum 2013 pada mata pelajaran Sejarah Indonesia untuk SMA kelas X. Bahan ajar sejarah yang dikembangkan dapat menyemai nilai multikulturalisme dalam diri siswa untuk mewujudkan masyarakat yang harmonis.

 

Keywords

Chinese, coming of Islam, history teaching materials, history learning, multiculturalism.

Full Text:

PDF

References

Al Qurtuby, Sumanto. 2003. Arus Cina-Islam-Jawa: Bongkar Sejarah atas Peranan Tionghoa dalam Penyebaran Agama Islam di Nusantara Abad XV-XVI. Jakarta: Inspeal Ahimsakarya Press Indonesia dan Perhimpunan INTI.

Aman. 2011. Model Evaluasi Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

De Graaf, H.J. dan Th. G.Th. Pigeaud. 1997. Muslim Cina di Jawa Abad XV dan XVI: Antara Historisitas dan Mitos. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Kartodirdjo, Sartono. 1992. Pendekatan Ilmu Sosial dalam Metodologi Sejarah. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kong, Yuanzhi. 1999. Silang Budaya Tiongkok Indonesia. Jakarta: PT Bhuana Ilmu Populer.

Kong, Yuanzhi. 2013. Muslim Tionghoa Cheng Ho: Misteri Perjalanan Muhibah di Nusantara. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Lombard, Denys. 2005. Nusa Jawa: Silang Budaya, Kajian Sejarah Terpadu Bagian II: Jaringan Asia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Mahfud, Choirul. 2011. Pendidikan Multikultural. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Muljana, Slamet. 2005. Runtuhnya Kerajaan Hindu-Jawa dan Timbulnya Negara-Negara Islam di Nusantara. Yogyakarta: LKiS.

Mulyana, Agus dan Darmiasti. 2009. Historiografi di Indonesia: Dari Magis-Religius Hingga Strukturis. Bandung: PT Refika Aditama.

Parekh, Bhikhu. 2008. Rethinking Multiculturalism: Keberagamaan Budaya dan Teori Politik. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

Parlindungan, Mangaradja Onggang. 2007. Tuanku Rao. Yogyakarta: LKiS.

Setiono, Benny G. 2008. Tionghoa dalam Pusaran Politik. Jakarta: TransMedia.

Silabus Mata Pelajaran Sekolah Menengah Atas/Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah/Madrasah Aliyah Kejuruan (SMA/SMK/MA/MAK) Mata Pelajaran Sejarah Indonesia. 2016. Jakarta: Kemendikbud.

Soekmono, R. 1973. Pengantar Sejarah Kebudayaan Indonesia 3. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

Sutopo, H.B. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif: Dasar Teori dan Terapannya dalam Penelitian Edisi Kedua. Surakarta : UNS Press.

Tan, Ta Sen. 2010. Cheng Ho: Penyebar Islam dari China ke Nusantara. Jakarta: Penerbit Buku Kompas.

Tilaar, H.A.R. 2004. Multikulturalisme: Tantangan-tantangan Global Masa Depan dalam Transformasi Pendidikan Nasional. Jakarta: Grasindo.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.