Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Perilaku Kepala Keluarga dalam Pemanfaatan Jamban di Pemukiman Kampung Nelayan Tambaklorok Semarang

Linda Destiya Kurniawati(1), Rudatin Windraswara(2),




(1) Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Semarang, Indonesia
(2) Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Semarang, Indonesia

Abstract

Perilaku Buang Air Besar Sembarangan (BABS) dan cenderung tidak memanfaatkan jamban yang dialami oleh warga di pemukiman pesisir merupakan salah satu kebiasaan yang dimiliki individu akibat dari meniru perilaku orang-orang disekitarnya. Karakteristik masyarakat Tambak Lorok yang tradisional sertamemiliki latar belakang pendidikan yang rendah dan terbatasnya sosial ekonomi merupakan salah satu faktor penyebabnya.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh terhadap perilaku kepala keluarga dalam pemanfaatan jamban di pemukiman kampung nelayan Tambak Lorok Semarang.Penelitian ini menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kepala keluarga di Tambak Lorok yang berjumlah 2165 KK. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 92 KK. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner. Analisis data dilakukan secara univariat dan bivariat (menggunakan uji chi square dengan α=0,05).Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan antara umur (ρ= 0,012), pengetahuan (ρ= 0,006), sikap (ρ= 0,008, pendidikan (ρ= 0,009), kepemilikan jamban (ρ= 0,001), jumlah anggota keluarga (ρ= 0,002) dengan perilaku KK dalam pemanfaatan jamban.Saran yang diberikan dalam penelitian ini adalah bagi kepala keluargaa dan masyarakat Tambak Lorok agar dapat memanfaatkan jamban yang memenuhi syarat kesehatan sehingga layak digunakan.

Open defecation and the habbit not to use the toilet happened towards seasore people was one of attitude as the result of imitating the people arrounds. The traditional people characteristic and the low of education background, and also the limited of economical social were to be one of causing factors. The purpose of this study was to know the factors influence the family leader attitude in toilet using in the Fisherman village, Tambak Lorok Semarang.This study used cross sectional method. The population in this study was all family leaders in Tambak Lorok 2165 respondence. There were 92 samples in this study. The instruments used in this study was questionnaire. The analysist of data is conducted univariat and bivariat (using chi-square test with α=0,05).The result showed that there was a correlation between age (ρ = 0,012), knowledge (ρ= 0,006), attitude (ρ= 0,008), education (ρ= 0,009), toilet ownership (ρ= 0,001), amount of family members (ρ= 0,001) with the family leaders attitude using toilet.The suggestion given here was for the family leader and people in Tambak Lorok Semarang should use the toilet with has standards health and standards used.

Full Text:

PDF

References

Agus Riyanto.2011. Aplikasi Metodologi Penelitian Kesehatan. Yoyakarta. Nuha Medika.

Andreas, Horhorruw. 2014. Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Keluarga Dalam Menggunakan Jamban Di Desa Tawin Kecamatan Teluk Kota Ambon. Tesis. Universitas Diponegoro.

Hurlock, EB. 1980. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta. Erlangga.

I Nengah Darsana, dkk. 2014. Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Kepemilikan Jamban Keluarga di Desa Jehem, Kecamatan Tembuku, Kabupaten Bangli Tahun 2012. Jurnal Kesehatan Lingkungan Vol.4 No.2 november 2014: 124-143.

Ibrahim, I., D.Nuraeni, dan T.Ashar. 2012. Faktor Nfaktor Yang Berhubungan Dengan Pemanfaatan Jamban Di Desa Pintu Langit Jae Kecamatan Padangsidimpuan Angkoloa Julu Tahun 2012. 21 januari 2015 (15:52).

Kamria, dkk. 2013. Faktor Faktor yang Mempengaruhi Masyarakat Terhadap Pemanfaatan Jamban Keluarga di Desa Bontotallasa Dusun Makuring Kabupaten Maros. Volume 3 Nomor 1 Tahun 2013.hlm 99-102.

Soekidjo Notoadmodjo. 2007. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta. Rineka Cipta.

Suherman.F. 2001. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Ketidakmauan Menggunakan Jamban Keluarga Pada Lingkungan Perumahan Penduduk Di Kecamatan Walantaka Kabupaten Serang. Tesis. Universitas Indonesia

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats