PENGARUH VARIASI BAHAN DAN JUMLAH LILITAN GROUNDSTRAP TERHADAP MEDAN MAGNET PADA KABEL BUSI SEPEDA MOTOR

Khabiburrahman Khabiburrahman(1), Supraptono Supraptono(2), Dwi Widjanarko(3),


(1) Semarang State University
(2) 
(3) 

Abstract

Tujuan penelitian ini menguji pengaruh penggunaan groundstrap dengan variasi bahan dan jumlah lilitan terhadap medan magnet pada kabel busi. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen, yaitu groundstrap  dengan bahan tembaga dan aluminium berdiameter 0,80 mm dengan variasi lilitan 100, 175, dan 250 dililitkan pada kabel busi dan diuji menggunakan gaussmeter yang di dekatkan pada kabel busi keadaan mesin hidup. Hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan bahan groundstrap dengan hambatan jenis rendah (tembaga) dan jumlah lilitan semakin banyak (250) lilitan pada kabel busi mampu menurunkan medan magnet paling baik dikarenakan mampu mengikat dan men-groundkan lebih maksimal. Rata-rata medan magnet kabel busi terendah dihasilkan groundstrap tembaga 250 lilitan sebesar 2,43 gauss

Keywords

groundstrap; medan magnet; kabel busi

Full Text:

PDF

References

Buntarto. 2015. Dasar-Dasar Kelistrikan Otomotif. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Fahrudin, I. dkk. 2012. Penggunaan Ignition Booster dan Variasi Jenis Busi Terhadap Torsi dan Daya Mesin Pada Yamaha Mio Soul Tahun 2010. Nosel Jurnal Ilmiah Teknik Mesin, 1(4) :tanpa nomor halaman.

Gussow, M. 2004. Dasar-dasar Teknik Listrik. Jakarta: Erlangga

Isnandi, R.., Bugis H., Rohman, N. 2014. "Pengaruh Pemasangan Groundstrap Dengan Variasi Diameter Kawat Kumparan Pada Kabel Busi dan Variasi Ignition Timing Terhadap Torsi dan Daya Pada Sepeda Motor Yamaha Jupiter Z Tahun 2007. Nosel Jurnal Ilmiah Teknik Mesin, 3(2) :1-10

Jama, J dan Wagino. 2008. Teknik Sepeda Motor Jilid 1 Untuk SMK. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Parhan, N. 2013. Teknik Listrik. Malang: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sutiman. 2011. Sistem Pengapian Elektronik. Yogyakarta: PT Citra Aji Parama.

Syaifudin. 2016. Pengaruh Jumlah Ignition Booster Pada Kabel Busi Terhadap Unjuk Kerja Mesin Honda Mega Pro 160 cc Tahun 2009. JTM. 04/03: 399-404.

Tjatur, S. 2013. Pemeliharaan Kelistrikan Sepeda Motor. Malang: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Toyota Astra Motor. 1995. New Step 1. PT. Toyota Astra Motor.

Widjanarko, D. 2013. Teknik Listrik dan Elektronika Otomotif. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License