PENGARUH VARIASI LARUTAN WATER INJECTION PADA INTAKE MANIFOLD TERHADAP PERFORMA DAN EMISI GAS BUANG SEPEDA MOTOR

Dedi Antoni(1), M. Burhan Rubai Wijaya(2), Angga Septiyanto(3),


(1) State University of Semarang
(2) 
(3) 

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan variasi larutan water injection terhadap performa mesin dan emisi gas buang pada sepeda motor Honda vario 125 eSP dengan bahan bakar pertamax. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen penggunaan water injection pada sepeda motor dengan variasi larutan pada alat water injection. Hasil pengujian rata-rata torsi tertinggi dihasilkan oleh water injection dengan variasi larutan A2, sedangkan rata-rata daya tertinggi dihasilkan oleh water injection dengan variasi larutan A1. Hasil pengujian rata-rata emisi gas buang kadar CO terendah dihasilkan oleh water injection dengan variasi larutan A2, sedangkan untuk rata-rata  kadar HC terendah dihasilkan oleh water injection dengan variasi larutan A1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan performa mesin yang meliputi torsi dan daya serta penurunan kadar emisi gas buang yang meliputi CO dan HC.

Keywords

variasi larutan, water injection, performa, emisi gas buang

Full Text:

PDF

References

Arifin, Z. dan Sukoco. 2009. Pengendalian Polusi Kendaraan. Bandung: Alfabeta.

Badan Pusat Statistik. 2015. Statistik Indonesia. Januari. Jakarta: BPS Indonesia.

Kettner, M, Dechent, S., Hofmann, M., Huber, E., Arruga, H., Mamat, R. 2016. "Investigating the Influence of Water Injection on the Emissions of a Diesel Engine". Journal of mechanical engineering and sciens (JMES), 10 (1): 1863-1881.

Kristanto, P. 2015. Motor Bakar Torak (teori dan aplikasinya). Yogyakarta: Andi.

Suyanto, W. 1989. Teori Motor Bensin. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.

Utomo, P. A. G. 2011. "Pengaruh Debit Methanol Pada Methanol Injection Terhadap Unjuk Kerja Motor Bakar Empat Langkah". Skripsi. Program Studi Teknik Mesin Universitas Jember. Jember.

Winoto, R. Alexander. dan Tedjasaputra, P. Kristanto. 2014. "Analisa Dan Pembuatan Water Coolant Injection Pada Motor Bensin Terhadap Performa Dan Emisi Gas Buang". Mechanova semester gasal 2014-2015. 1(1) : 1-5.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License